Pasca Tumbang, Warga Bersihkan Pohon Bunut Berdiameter 3 M, Panjang 30 M

  • 02 Desember 2017
  • 19:28 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com, TABANAN
Pasca tumbangnya pohon bunut berusia ratusan tahun berdiameter 3 meter dengan panjang 30 meter yang menimpa warung dan  warga hingga meninggal di Banjar Pemudungan, Desa Belimbing, KecamatanPupuan, Tabanan, dibersihkan warga setempat Sabtu  pagi hingga sore ( 2/12/2017).

Pohon bunut yang tumbuh didepan Pura Mekori yang tumbang menimpa Ni Nyoman Sumatri hingga meninggal dunia dipotong-potong oleh sejumlah warga, BPBD, Tagana, Dinas PU dan pihak keluarga turut pula anggota fraksi PDIP Tabanan asal Pupuan, I Gusti Nyoman Omardani yang ikut melaksanakan pembersihan.


Menurut Omardani, seluruh krama dan berbagai instansi dari pagi sekitar pukul 09.00 Wita telah kerja bakti melakukan pembersihan lanjutan. Mengingat pohon kondisinya besar diharapkan kerja bhakti bisa selesai hari ini. "Mudah-mudahan hari ini bisa kami selesaikan pembersihan," ujarnya.
Selain melakukan pembersihan, prosesi upacara pecaruan pun sudah dilakukan pada Jumat malam ( 1/12/2017) usai musibah yang menimpa Ni Nyoman Sumatri. "Rencanya memang pagi tadi, tetapi diputuskan oleh adat Jumat malam  itu melakukan upacara pecaruan," jelas Omardani.

Hingga pukul 16.00 Wita krama dan intansi terkait masih melakukan pemotongan dahan pohon turut pula dilibatkan bantuan alat berat untuk membantu menyingkirkan ranting pohon yang begitu banyak.

Pohon bunut yang berumur ratusan tahun itu tumbang sekitar pukul 13.30 Wita, Jumat ( 1/12/2017). Selain hujan dan angin kencang, penyebab tumbangnya pohon bunut tersebut karena akarnya  yang sudah lapuk. RRBNC


TAGS :

Komentar