Wabup Sanjaya Buka Kontes Bonsai Nasional di Tabanan

  • 14 November 2018
  • 08:21 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN 
Sebanyak 350 Bonsai dari berbagi jenis ramaikan pameran dan kontes bonsai Nasional Tahun 2018 di Kabupaten Tabanan. Kontes yang berlangsung  dari tanggal 11 hingga 18 Nopember itu  dibuka Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya Selasa,(13 Nopember 2018)   di Lapangan Dangin Carik, Tabanan.  Dimana pelaksanaan kontes tersebut  dirangkaikan dengan perayaan HUT Kota Tabanan yang ke-525.
 
Ketua Panitia yang juga Ketua Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia(PPBI) Cabang Tabanan I Wayan Supranata menjelaskan  kegiatan pameran dan kontas bonsai Nasional di Kabupaten Tabanan Tahun 2018 dirangkaikan dengan perayaan HUT Kota Tabanan ke 525.
“Pameran dan kontes di mulai dari tanggal 11. Penjurian selama 2 hari dari tanggal 12 hingga 13 Nopember,”jelasnya.
 
Ditambahkan  peserta pameran dan kontes dibuka untuk umum. Penilaiannya terdiri dari 4 kriteria yaitu gerak dasar, kematangan, keserasian dan penampilan. “Pesertanya dari PPBI se-Bali hingga Nasional, dengan total sekitar 350  bonsai,”terangnya.
 
Supranata juga menjelaskan  bahwa pameran dan kontes  dibagi menjadi 4 kelas, kelas prospek,regional, madya dan utama. “Hasil penjurian dibedakan di masing-masing kelas dan dicari best in show atau kelas terbaik dari keseluruhan kelas,”paparnya.
 
Wakil Bupati I Komang Gede Sanjaya memberikan apresiasi terhadap pelaksanaan  pameran dan kontes bonsai tingkat Nasional  dalam  rangka memeriahkan HUT Kota Tabanan yang ke 525.
“Saya berharap inovasi dan kegiatan seperti ini terus dikembangkan karena dapat membantu pelestarian lingkungan, penyaluran hobi dan sekaligus sebagai sumber penghasilan,”ucap Sanjaya.
 
Wabup Sanjaya  melanjutkan diperlukan  komitmen dan kerjasama semua pihak dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup dan mewujudkan Tabanan yang bersih dan hijau.
“Hal ini merupakan salah satu syarat dalam mencapai tujuan utama kita yaitu untuk mewujudkan Tabanan yang serasi, Sejahtera, Aman dan Berprestasi,”tegasnya.
 
Dikesempatan itu Wakil Bupati juga menyerahkan dana tali kasih sebesar  Rp. 5 juta. Dan dirinya juga berkesempatan  menancapkan bendera pada bonsai  yang dinyatakan sebagai best in show atau Bonsai terbaik dari semua kategori.
 
Acara diakhiri dengan meninjau  stand bonsai. Dan turut mendampingi Anggota DPR RI I Made Urip, anggota DPRD Kabupaten Tabanan I Gusti Komang Wastana, Kepala OPD terkait, dan Camat Tabanan I Putu Arya Suta. ( Balitopnews.com / Made Donny/ Rls Hms ) 

TAGS :

Komentar