Bupati Eka Bersama Masyarakat Nikmati Timbungan Sepanjang 50 Meter

  • 22 Juni 2019
  • 13:20 WITA
  • News

Balitopnews.com, Tabanan

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama masyarakat Tabanan menikmati timbungan ikan sepanjang 50 meter, kuliner khas  yang menjadi ikon pada Festival Yeh Gangga, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan,  Sabtu ( 22 Juni 2019).

Timbungan ikan yang menggunakan ikan laut dan ikan lele  seberat 140 kg itu dinikmati bersama sama sekitar pukul 17.30 Wita.

Sebelum dinikmati, timbungan yang merupakan masakan khas Tabanan itu dimasak oleh 30 orang  Chef dari lCA (Indonesian Chef Association) yang dibantu 100 orang siswa SMK.

I Komang Adi Arsana vice presiden pelestarian dan pengembangan kuliner tradisional Indonesia, mengatakan timbungan ikan sepanjang 50 meter itu bisa menjadi ikon Fertival Yeh Gangga. “Selan itu timbungan ini juga terpanjang di dunia,” tandasnya. Adi Arsana mengatakan, timbungan sepanjang 50 meter itu terdiri dari dua bahan  utama  yakni 25 meter berbahan ikan tuna dan 25 meter berbahan ikan lele.

Waktu yang dibutuhkan memasak hingga matang sekitar kurang lebih 45 menit.  “Kami tadi mulai memask  dari pukul 16.10 menit dan selesai sekitar 45 menit kemudian. ,” jelasnya.  Untuk bumbu yang digunakan adalah bumbu bali yang sering disebut base genep, ditambah  daun katu dan kemangi. “Masalah bali khas dengan sedikit pedas, “ jelasnya.

Setelah semuanya dicampur, tidak lupa ditambakan minyak. Kemudian adonan dibugkus dengan daun pisang  lalu dimasukan ke dalam bamboo. Tahap terakhir tinggal memasukan timbungan tersebut ke dalam bara api hingga tercium bau yang nikmat.  

Sebelum dinikmati Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti bersama Ketua Komisi IV DPRD Tabanan Made Dirga , sejumlah anggota DPRD Tabanan diantaranya I Nyoman Suadiana, I Made Edi Wirawan dan I Wayan Widnyana, timbungan sepanjang 50 meret itu diarak dari tempat pembuatanya  sebelah barat pantai Yeh Gangga menuju tempat panggung utama. Selain diarah, timbungan tersebut juga diiringi gambelan baleganjur.

Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wutryastuti, S.Sos menjelaskan, nafas festival Yeh Gangga selain mengangkat potensi alamnya juga mengaktualisasikan potensi maritim Yeh Gangga yang memang selama ini sudah dikenal sebagai salah satu pusatnya produk perikanan laut. “Siapa yang tidak kenal Pindang Yeh Gangga, dan memiliki lobster pasir yang berlimpah,” jelas Eka Wiryastuti.Ia mengaku gembira, karena bisa menikmati Timbungan ikan sepanjang 50 meter.

Seperti diketahui Festival Yeh Gangga akan berlangsung hingga Minggu besok  ( 23 Juni 2019).  ( Balitopnews.com /MD)


TAGS :

Komentar