Wabup Sanjaya Apresiasi Ngaben Masal DP Bangah, Baturiti

  • 03 September 2019
  • 08:08 WITA

 

Balitopnews.com, Tabanan  

Wakil Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya, hadiri upacara Pitra Yadnya (Ngaben Masal) yang dirangkaikan dengan upacara Manusa Yadnya (Metatah) yang digelar oleh masyarakat Desa Pekraman Bangah, Baturiti, Selasa (3 September 2019).

Dalam tradisi masyarakat Hindu, khususnya di Bali, Ngaben merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap masyarakat tatkala untuk menyucikan roh orang atau kerabat, atau keluarga yang meninggal dengan cara dibakar. Namun ada juga upacara Ngaben di beberapa daerah di Bali yang tidak melalui pembakaran mayat.

Dan secara garis besarnya, Ngaben adalah untuk memproses kembalinya Panca Mahabhuta di alam besar ini dan mengantarkan Atma atau roh ke alam pitra. Tentunya Ngaben dengan segala proses dan waktu yang diperlukan untuk melaksanakannya sudah tentu menghabiskan begitu banyak biaya dan tenaga. Oleh sebab itu, Ngaben Masal yang saat ini marak dilakukan dipandang sebagai alternatif untuk lebih mengirit biaya.

Oleh sebab itu, Pemkab Tabanan sangat mendukung kegiatan Ngaben Masal yang dilakukan oleh masyarakat Tabanan. Seperti yang dilakukan oleh masyarakat Desa Pekraman Bangah, Baturiti saat ini. Ngaben Masal yang dirangkaikan dengan Metatah Masal itu mendapat apresiasi dari Wakil Bupati Tabanan sekaligus menghadiri langsung kegiatan yang dipusatkan di setra Desa Pekraman Bangah tersebut.

Hal ini sejalan dengan visi dan misi Pemkab Tabanan di bawah kepemimpinan Bupati Eka dan Wabup Sanjaya, yakni membangun dengan mengedepankan semangat kebersamaan dan semangat gotong-royong dalam rangka mewujudkan masyarakat Tabanan yang Sejahtera, Aman dan Berprestasi. Untuk itu, Pemerintah akan selalu mendukung kegiatan yang mengedepankan kebersamaan dan gotong-royong dari masyarakat.

Hampir ratusan bahkan ribuan pelaksanaan Ngaben Masal yang diselenggarakan oleh masyarakat Tabanan mendapat apresiasi dari Pimpinan beserta jajaran di di lingkungan Pemkab Tabanan, sekaligus memberikan punia sebagai perwujudan apresiasi kepada masyarakat setempat.

“Ini adalah yadnya yang satwika, ini sampun utama pisan. Karena untuk melakukan upacara Ngaben saat ini kita tidak perlu keluar banyak biaya namun dengan adanya Ngaben Masal, sehingga sangat meringankan beban kita di masyarakat. Ini sudah sesuai dengan himbauan Gubernur dan himbauan kita di Pemkab Tabanan,” ucap Sanjaya.

Selain Wabup Sanjaya, kegiatan tersebut juga mendapat apresiasi dari anggota DPR-RI asal Marga yang saat itu diwakili oleh staf ahlinya, Asisten III Pemerintah Provinsi Bali. Turut hadir, Camat Baturiti, Perbekel serta unsur tokoh masyarakat dan tokoh adat setempat. Saat itu, Wabup Sanjaya beserta undangan yang hadir melaksanakan doa bersama terhadap sawa/arwah yang akan diabenkan saat itu. (Balitopnews.com / MD / Hms Tbn )

Komentar