Ajukan RAB Pilbupati Rp 40 M Disetujui Rp 25 M, KPU Tabanan Rasionalisasi Banyak Kegiatan

  • 05 Oktober 2019
  • 15:35 WITA

Balitopnews.com, Tabanan

Pemerintah Kabupaten Tabanan  akhirnya menganggarkan dana untuk pemilihan bupati Tabanan 2020 sebesar Rp 25 Milyar dari rancangan anggaran biaya ( RAB ) yang diajukan KPU Tabanan sebesar Rp 40 Milyar.

 Hanya setengah lebih anggaran yang disetujui, membuat KPU Tabanan melakukan efisiensi. Sejumlah kegiatan terpaksa dirasionalisasi atau ditiadakan.

 Hal itu diungkapkan Ketua KPU Tabanan I Gede Putu Weda Subawa, Sabtu  ( 4 Oktober 2019). Dikatakanya proses pengajuan anggaran dilakukan beberapa kali.  Pertama dianggarkan sebesar Rp 40 Milyar, kemudian dilakukan revisi lagi akhirnya ketemu Rp 36 Milyar. “Ini setelah direvisi untuk pos anggaran adhok seperti gaji PPK,PPS dan lainya,” jelas Weda.

Namun ashil akhir, Pemerintah Kabupaten Tabanan melalui Bakuda hanya merealisasikan anggaran Pilbupati Tabanan 2020 sebesar Rp 25 Milyar.  Setelah keputusan itu diterima pihaknya kemudian merasionaliasi sejumlah kegiatan. Seperti gebyar yang rencananya digelar di setiap kecamatan terpaksa ditiadakan. “Begitujuga berimbas pada makan dan minum dan honor PPK PPS masih menggunakan patokan honor pada pemilu legislatif dan presiden 2019,” tandas Weda. Anggaran yang paling banyak tersedot di anggaran adhok.

Untuk anggaran Rp 25 Milyar ini akan turun sebanyak dua termin yakni tahun 2019 ini sebesar Rp 250 Juta sedangkan sisanya cair pada tahun 2020.

“Dana Rp 25 Milyar ini kita estimasikan ada kadidat calon sebanyak 3 orang,” tandas Weda Subawa. ( Balitopnews.com/MD )

Komentar