Tren Nasional Meningkat, Warga Harus Tetap Waspada

  • 05 April 2020
  • 16:04 WITA
  • News

 

DENPASAR,Balitopnews.com - Ketua Satgas Penanggulangan Covid 19 Propinsi Bali, Dewa Made Indra menghimbau masyarakat Bali, untuk tetap waspada bahkan meningkatkan kewaspadaanya karena penyebaran covid-19 menunjukkan tren peningkatan di tingkat nasional. Hal tersebut diungkanpkan di Denpasar, Sabtu (4 April 2020) 

 

Dewa Indra menyatakan, Covid-19 bukan sesuatu yang dapat dianggap remeh, tetapi harus dihadapi dengan kewaspadaan yang tinggi. Untuk itu Satgas menghimbau, Satgas Gotong Royong Berbasis Desa Adat dan Satgas Penanggulangan Covid-19 di tingkat Desa  agar bersinergi, diantaranya menyatukan posko dan bersama-sama melakukan pengawasan serta edukasi kepada seluruh masyarakat khususnya Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru datang ke Bali. 

 

Satgas juga menghimbau kepada warga masyarakat yang baru pulang dari luar negeri dan dari luar daerah untuk melaksanakan karantina mandiri atau isolasi diri sendiri di rumah masing-masing minimal 14 hari dengan menerapkan protokol isolasi diri sendiri, penuh dengan disiplin dan tanggungjawab untuk keselamatan keluarga dan masyarakat di lingkungannya.

 

Terkait pembatasan warga yang masuk melalui pelabuhan Gilimanuk dan Bandara Ngurah Rai, Dewa Made Indra menegaskan, strategi satgas adalah membangun benteng pertahanan yang kuat karena covid ini datang dari luar. Contohnya, Bandara Ngurah Rai pada kedatangan domestik, yang sebelumnya tidak dilakukan pemeriksaan maka sekarang sudah dilakukan respon pemeriksaan suhu tubuh, rapid test kepada penumpang yang riwayatnya datang dari luar negeri. Selain itu pihaknya bekerja sama dengan otoritas Bandara sudah memasang banner jalur khusus bagi penumpang yang datang dari zona merah, Pekerja Migran Indonesia dan WNA. (Balitopnews.com/gix) 


TAGS :

Komentar