DTW Tanah Lot Mulai Ramai Dikunjungi Pasca Dibuka Untuk Wisatawan Lokal dan Nusantara

  • 01 Agustus 2020
  • 20:08 WITA
  • News

TABANAN, Balitopnews.com - Setelah hampir empat bulan tidak menerima kunjungan wisatawan, akhirnya per hari Senin 20 Juli 2020, DTW Tanah Lot kembali dibuka. Tentunya keputusan untuk membuka kembali kawasan wisata yang terkenal dengan keindahan alam, pura, dan sunsetnya ini sudah melalui proses verifikasi yang cukup panjang serta telah mendapat sertifikat Tatatan Era Baru (New Normal) yang langsung diserahkan oleh Bupati Tabanan barsamaan dengan dibukanya 5 DTW yang ada di Kabupaten Tabanan Senin 20 Juli 2020 beberapa hari yang lalu. 

Verifikasi tahap I dilaksanakan pada hari Jumat (12 Juni 2020) oleh Satgas Covid Kabupaten Tabanan yang diketuai langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tabanan : Dr. I Gede Susila, S.Sos, M.Si dan didampingi oleh Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tabanan : I Gede Sukanada, AP, SH. Kemudian verifikasi tahap II dilaksanakan hari Minggu (12 Juli 2020) oleh pihak yang sama. Kegiatan verifikasi dalam dua tahap ini dilaksanakan dengan tujuan untuk lebih meyakinkan kesiapan DTW Tanah Lot dalam menerapkan protokol Tatanan Era Baru (New Normal) bila sudah tiba saatnya untuk dibuka kembali.   

Manager Operasional DTW Tanah Lot : I Ketut Toya Adnyana, 1 Agustus 2020, mengatakan bahwa beliau dan segenap jajaran manajemen sangat mendukung dilaksanakannya verifikasi tersebut untuk lebih meyakinkan semua pihak termasuk wisatawan nantinya bahwa DTW Tanah Lot aman untuk dikunjungi dan sudah siap dengan protokol Tatanan Era Baru dengan telah tersertifikasinya DTW Tanah Lot ini. “Kami sangat antusias dengan diadakannya tahapan verifikasi ini untuk lebih meyakinkan wisatawan khususnya bahwa DTW Tanah Lot layak untuk dikunjungi dan tidak usah khawatir karena sudah menerapkan protokol dengan disiplin. Dan kami dimanajemen  sudah berusaha keras untuk memenuhi persyaratan yang sesuai dengan protokol Tatanan Era Baru yang ditetapkan oleh Pemerintah. Buktinya Senin kemarin kami sudah mendapat sertfikat. Jadi itu nantinya yang menjadi dasar kepercayaan wisatawan untuk yakin berkunjung ke DTW Tanah Lot”, ujarnya saat ditemui di kantornya. 

Selama hampir dua pekan sejak dibuka per 20 Juli 2020 kemarin, terlihat kunjungan didominasi oleh wisatawan domestik, walaupun masih terlihat beberapa wisatawan mancanegara. Dari data yang didapat jumlah kunjungan dari tanggal 20 Juli sampai 31 Juli 2020, wisatawan domestik sebanyak 4.179 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 225 orang. Dengan dibukanya pasar domestik per 31 Juli 2020 ini oleh Pemerintah diharapkan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot khususnya. “Kunjungan kita memang belum bisa normal seperti dulu saat sebelum pandemi melanda hampir seluruh dunia. Karena ini awal, apalagi 31 Juli ini baru pembukaan pasar domestik, mudah-mudahan bisa mendongkrak kunjungan domestik ke DTW Tanah Lot. Dan kita juga berharap kedepannya pasar mancanegara bisa dibuka karena selama ini China yang mendominasi kunjungan di DTW Tanah Lot. Dan mudah-mudahan kunjungan bisa normal seperti dulu tentunya dengan tetap mentaati dan disiplin menerapkan protokol kesehatan yang sudah berjalan”, tutupnya. (Md


TAGS :

Komentar