Dr Sanjaya : Tetep Mekenyem, Bertabur Prestasi Kandidat Kuat Bupati Tabanan 2020

  • 21 November 2020
  • 16:11 WITA
  • News

TABANAN, Balitopnews.com - Bagi masyarakat Tabanan nama Dr I Komang Gede Sanjaya SE, MM sudah tidak asing lagi. Apalagi saat ini tengah berlangsung proses Pemilihan Kepala Daerah ( pilkada) Bupati dan Wakil Bupati yang puncaknya pada tanggal 9 Desember 2020. Nama Dr I Komang Sanjaya semakin dikenal. Karena Dr Sanjaya direkomendasikan oleh PDI Perjuangan sebagai calon bupati Tabanan yang berpasangan dengan I Made Edi Wirawan sebagai calon wakil bupati Tabanan. 

 

Dr Sanjaya adalah sosok yang telah membumi di Kabupaten Tabanan. Ia telah dua periode menjabat sebagai Wakil Bupati Tabanan mendampingi Bupati Ni Putu Eka Wiryastuti. 

 

Ketokohan Dr Sanjaya di Tabanan menjadi tauladan semua pihak. Dengan tag line tetap mekenyem (tetap tersenyum-red) yang memiliki arti pilosofi tinggi. Tetap mekenyem identik dengan berpikir positif dalam segala hal. Termasuk hubungan politik yang dibangun oleh Dr Sanjaya yang dilandasi tetep mekenyem, ia senantiasa mampu berkomunikasi baik dengan lawan politiinya. Sehingga tak heran ketika ia diusung PDI Perjuangan sebagai calon bupati Tabanan, ia mampu membangun komunikasi politik dengan partai lain secara santun. Bahkan ia mendapat dukungan dari partai Gerindra, PSI, PKB dan PBB. Tidak berhenti disana, Dr Sanjaya mampu menarik simpanti politisi senior partai Golkar I Gusti Putu Wijaya yang pernah menjabat sebagai ketua DPD II Golkar Tabanan dan Mantan Ketua PK Golkar Kecamatan Selemadeg I Nyoman Derbi Prayanova Giri. Meskipun  Partai Golkar sendiri telah memiliki paslon bupati pada pilkada 2020. Disinilah kepiawaian komunitas yang ditunjukan Dr Sanjaya. 


 

Untuk lebih jelas dan terang benderang nya sosok Dr Sanjaya di dalam karir politiknya. Balitopnews.com telah merangkum untuk semua pembaca. 

 

Ia terjun di dunia politik sejak tahun 2000. Saat itu ia dipilih sebagai pengurus anak ranting PDI Perjuangan Banjar Dauh Pala dari tahun 2000 sampai 2005. Kemudian ia dipercaya sebagai Bendahara PAC PDI Perjuangan Kecamatan Tabanan 2005 sampai 2010, Ketua DPC PDI Perjuangan selama dua periode 2015 sampai 2019 dan 2019 sampai 2024. 

 

Dalam kancah perpolitikan, Dr. Sanjaya mampu memperkuat keyakinan masyarakat Tabanan terhadap PDIP. Ini terbukti, dalam Pileg 2019 lalu perolehan kursi PDIP di DPRD Tabanan meningkat drastis. Yakni dari 22 kursi menjadi 28 kursi. 

 

Sebelumnya, dalam perhelatan Pilgub Bali, berkat kecerdasan dan kesantunan cara berpolitiknya, Tabanan mampu menyumbang suara mayoritas untuk kemenangan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Bali yang diusung PDIP. Yakni pasangan Wayan Koster-Cok Ace. 

 

Diluar dunia perpolitikan, khususnya dalam dunia olah raga di Tabanan, lagi-lagi Dr. Sanjaya membuktikan dirinya sebagai figur pembawa keharuman nama bagi Tabanan. Dalam posisinya sebagai Ketua Umum Panitia Porprov Bali ke-XIV di Tabanan, Dr. Sanjaya yang saat itu juga duduk sebagai wakil bupati Tabanan mampu memotivasi atlet dan insan olah raga Tabanan untuk meningkatkan prestasinya. 

 

Terbukti setelah dalam beberapa ajang Porprov Bali, Tabanan seringkali menjadi juru kunci, pada Porprov Bali ke-XIV ini Tabanan mampu meningkatkan prestasinya dan meraih rangking 5 dengan perolehan medali 29 emas, 32 perak dan 68 perunggu. 

 

Tidak hanya prestasi dalam peraihan rangking dan medali, dalam Porprov Bali ke-XIV ini, Dr. Sanjaya juga berperan dalam renovasi serta pembangunan sarana dan prasarana olahraga disejumlah kecamatan di Tabanan. 

 

Dr. Sanjaya juga mencatatkan prestasinya dalam bidang keagamaan. Tulus pengabdiannya serta ayah bhaktinya terhadap jagat Tabanan dibuktikannya dengan perannya dalam mensukseskan Karya Agung Pengurip Gumi di Pura Luhur Batukaru yang puncaknya telah berlangsung pada tanggal 20-02-2020 lalu. Dalam karya agung fenomenal ini, Dr. Sanjaya sendiri duduk sebagai Ketua Umum Panitia Karya. 

 

Wakil Bupati Tabanan yang dikenal dengan kaya ide-ide cerdas dan kreatifnya dalam membangun Tabanan ini juga tercatat meraih berbagai penghargaan. Seperti The Most Creative People Award dari Yayasan Citra Insani pada tahun 2012.

 

Ia juga meraih penghargaan Indonesia Achievement Award "Man of The Year 2014" dari Yayasan Penghargaan Indonesia. Setahun setelahnya atau pada tahun 2015 Yayasan Penghargaan Indonesia ini juga menganugerahi Dr. Sanjaya dengan Figure Achievement Economist of Indonesia 2014-2015.

 

Ditahun 2018, Dr. Sanjaya kembali dianugerahi penghargaan yang sangat bergengsi. Kali ini berupa penghargaan International Seminar Spirituality in 21th Century Speaker "Success in Life with The Power Dharma" dari Bhagavad Gita Movement of Indonesia. 

 

Ditahun 2018 ini, Dr. Sanjaya juga dianugerahi dua penghargaan lainnya. Yakni Lencana Adhi Bhakti Tani Nelayan Utama dari KTNA Indonesia dan Great Support in Vovinam Development dari The 4th AVF Asian Vovinam Championship 2018 Comittee. Dilaur penghargaan-penghargaan tadi, Dr. Sanjaya juga seringkali diundang sebagai pembicara dalam kegiatan seminar baik diseputaran Tabanan, Bali maupun dibeberapa daerah di Indonesia. 

 

Dr. Sanjaya juga tercatat aktif dalam berbagai organisasi. Hingga saat ini tercatat setidaknya ada 18 organisasi yang pernah mendudukannya dalam posisi leader ataupun dalam posisi-posisi strategis. 

 

Seperti sebagai Ketua LSM Forkot Tabanan dari tahun 2000 sampai sekarang. Dalam dunia kepartaian ia pernah duduk sebagai Anak Ranting PDIP Banjar Dauh Pala dari tahun 2000-2005, Bendahara PAC PDIP Tabanan dari tahun 2005 hingga 2010 dan Ketua DPC PDIP Tabanan dua periode berturut-turut. Yakni dari tahun 2015-2019 dan 2019-2024.

 

Dr. Sanjaya juga pernah dipercaya sebagai Wakil Ketua KNPI Tabanan pada periode 2005-2010, Ketua KONI Tabanan periode 2010-2015 dan Ketua POBSI Tabanan periode 2005-2010.

 

Beberapa organisasi lainnya yang masih dijabatnya hingga saat ini sebagai berikut. Ketua PMI Tabanan, Ketua BNK Tabanan dan Ketua Komisi Penanggulangan Aids Daerah Kabupaten Tabanan. 

 

Dr. Sanjaya juga tercatat sebagai pendiri Forum Bhinneka Tunggal Ika Tabanan, pembina Flobamora Tabanan dan pembina Baitul Muslimin (Bamusi) Tabanan. 

 

Dalam bidang komunikasi ia juga duduk sebagai pembina ORARI dan RAPI Tabanan. 

 

Seperti yang dijelaskan diawal, Dr. Sanjaya juga sempat duduk sebagai Ketua Umum Porprov Bali ke-XIV Tabanan dan Ketua Umum Panitia Karya Agung Pengurip Gumi Pura Luhur Batukaru. Hingga saat ini Dr. Sanjaya juga duduk sebagai Penyegjeg Desa Adat Kota Tabanan dan berbagai jabatan lainnya. 

 

Berbagai prestasi yang pernah diraihnya serta puluhan organisasi yang pernah digelutinya tentu merupakan sebuah cermin bahwa Dr. Sanjaya sosok pemimpin yang cerdas, intelektual dan telah bekerja secara nyata dan tulus dalam membangun Tabanan.  Dr Sanjaya adalah kandidat kuat Bupati Tabanan 2020. (Md/*) 


TAGS :

Komentar