Disuntik di Lengan Kiri Atas, Vaksin Tidak Sakit Cuma Seperti Digigit Semut

  • 13 Januari 2021
  • 18:01 WITA
  • News

 

DENPASAR, Balitopnews.com -Vaksin covid-19 nantinya disuntikkan di lengan kiri atas. Agak sakit sedikit seperti digigit semut.

Demikian diungkapkan Kadis Kesehatan Kota Denpasar, dr. Ni Luh Putu Sri Armini, Rabu (13 Januari 2021).

Vaksin Covid-19 menurutnya sudah didistribusikan ke Kota Denpasar Selasa (12/1) kemarin, setelah sebelumnya  disimpan di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali.

"Ini sebenarnya kan seperti imunisasi biasa. Agak sakit sedikit seperti digigit semut. Dilakukan di lengan kiri atas," ungkapnya.

Ia menjelaskan sebelum vaksinasi, akan discreening dari awal. Awalnya tenaga kesehatan dulu, didata, setelah dikirim datanya akan mendapat sms blast. Nanti disana peserta vaksinasi harus daftar kembali.

"Apakah dia pernah covid atau tidak, disana disisihkan, kan discreening dari sana. Jadi tahap awal yang sudah pernah kena covid kan tidak boleh untuk nakes ini. Jadi 18 sampai 59 tahun, tidak ada komorbid, kemudian tidak pernah terkonfirmasi positif (covid-19, red)," terangnya.

Lebih jauh Sri Armini menambahkan, setelah vaksin sedikit demi sedikit akan tumbuh imun dan menjadi maksimal. Sekitar 6 bulan sampai 1 tahun tergantung dari respon tubuh masing-masing.

Sedangkan terksit efek samping, ia menjelaskan imunisasi apapun itu pasti ada yang namanya KIPI ( Kejadian Ikutan Pasca Imuniaasi) tapi itu tidak banyak.

"Artinya kan lebih banyak manfaatnya dari pada efek sampingnya," jelasnya.

Ia juga memaparkan dalam program vaksinasi tahap pertama ini, Kota Denpasar mendapatkan jatah terbanyak yakni sebanyak 24.280 vial. 

Selain itu, guna mendukung suksesnya pelaksanaanya kegiatan tersebut Pemkot Denpasar melalui Dinas Kesehatan telah menyiagakan 11 Puskesmas beserta petugas vaksinasi yang tersebar di empat kecamatan, serta RSUD Wangaya dan RSUP Sanglah, RSBM, RSAD, RS Bayangkara dan KKP Benoa.(gix)


TAGS :

Komentar