Bupati Tabanan Terpilih Dr I K G Sanjaya SE, MM : Tabanan Era Baru Wujudkan Tabanan Aman Unggul dan Madani 

  • 19 Februari 2021
  • 20:02 WITA
  • News
Dr I Komang Gede Sanjaya, SE, MM

TABANAN, Balitopnews.com - Bupati Tabanan terpilih Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM yang rencananya dilantik tanggal 26 Februari 2021 menegaskan Tabanan Era Baru guna mewujudkan Tabanan Aman Unggul Madani (AUM). 

 

Hal itu ditegaskan Bupati Tabanan terpilih Dr I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, Jumat,(19 Februari 2021).  Sanjaya menegaskan ,dalam memimpin Kabupaten Tabanan kedepan tetap komit membangun dengan Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman,Unggul dan Madani ( AUM ).

"Nangun sat kerthi loka bali mengandung makna,membangun dan menjaga kesucian,keharmonisan keseimbangan alam Bali beserta isinya secara sekala dan niskala,"jelasnya.

Dirinya memaparkan, wana kerthi menjaga keharmonisan dan kesucian hutannya,Danu kerthi  menjaga keharmonisan dan kesucian Air Danu nya,Jana kerthi menjaga keharmonisan dan kesucian Manusianya ( SDM ) dengan konsep tri hita karana,Atma kerthi menjaga keharmonisan dan kesucian Atma ( roh ) niskala,Segara kerthi menjaga kesucian dan keharmonisan Laut dan isinya dan Buana kerthi menjaga keharmonisan dan kesucian alam ( Buana agung & Buana alit ).

"Sedangkan untuk Pola Semesta berencana juga mengandung beberapa makna seperti,pola berarti sebuah cara ( metode ),Semesta berarti menyeluruh,Berencana berarti bertahap," sebutnya.

Ditambahkan, membangun dengan cara atau ( metode ) secara menyeluruh dan bertahap , dalam 5 bidang pembangunan.Adapun 5 bidang pembangunan tersebut meliputi,bidang Sandang,Pangan dan Papan,Bidang Pendidikan serta Kesehatan,Bidang Jaminan Sosial dan Tenaga Kerja,Bidang Adat , Tradisi , Agama, Seni Budaya,Bidang Pariwisata dan Infrastruktur dalam 5 bidang pembangunan tersebut. "Tabanan Era Baru yang AUM mengandung makna,Membangun tatanan tabanan era baru untuk mewujudkan tabanan yang Aman, rasa aman dan nyaman dalam berkehidupan bermasyarakat,Unggul,memiliki daya saing lebih dalam segala bidang sedangkan Madani yaitu, mewujudkan masyarakat sejahtera jasmani dan rohani, " tandasnya. (Md) 

 


TAGS :

Komentar