Bobol ATM dan Skimming, WNA Bulgaria Ditangkap Tim Resmob Polda Bali

  • 29 Maret 2021
  • 20:03 WITA
  • News
Dir. Reskrimum Polda Bali Kombes Pol. Djuhandani Rahardjo Puro saat merilis kasus skimming dan pembobolan ATM oleh tersangka Ilias Danimil Saif WNA asal Bulgaria, Senin (29 Maret 2021)  


DENPASAR, Balitopnews.com - Seorang WNA asal Bulgaria bernama Ilias Danimil Saif alias Rehman berhasil diringkus Tim Resmob Polda Bali terkait kasus curat dan skimming.

Pelaku Transnational Crime ini terlibat kejahatan Skimming dan pembobolan ATM di wilayah Bali dan Nusa Tenggara Barat.

Menurut Dir. Reskrimum Polda Bali Kombes Pol. Djuhandani Rahardjo Puro, Senin (29 Maret 2021)  tersangka Rehman ditangkap berdasarkan laporan dari Ketut Adi Kurniawan untuk kasus curat dan Nyoman Suasnita untuk kasus Skimming.

Untuk kasus curat pelaku melakukan aksinya tanggal 15 Maret 2021 di Jalan Uluwatu, Kelurahan Jimbaran, Kuta Selatan Badung. Sedangkan untuk kasus Skimming pelaku beraksi tanggal 12 Maret 2021 di ATM kawasan Tanjung Benoa dan ATM di Umalas Canggu, Kuta Utara.

Tersangka warga Bulgaria ini dijerat Pasal 363 (Curat), pasal 406 KUHP (Pengerusakan) dan Pasal 30 ayat 1 Jo Pasal 46 ayat 1 UU Tahun 2016 Tentang Perubahan UU nomor 11 Tahun 2008 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (Skimming) Jo Pasal 53 KUHP.

Terkait modus curat,  tersangka melakukan pencurian dengan merusak ATM menggunakan linggis dan berhasil menggasak uang sebesar Rp  2.500.000 di ATM Jalan Uluwatu.

Sedangkan untuk Skimming, tersangka membongkar Pin cover ATM kemudian mengganti dengan Pin cover yang sudah berisi spy camera/ hidden camera lalu memasukkan deep skimmer pada mulut card reader mesin ATM dengan tujuan merekam data nasabah yang melakukan transaksi. 

Tersangka akhirnya bisa ditangkap Jumat tanggal 26 Maret 2021, di wilayah Batu Bolong Kuta Utara.

"Setelah didalami, pelaku ternyata bekerja sendiri. Untuk TKP luar bali, Polda Bali sudah berkoordinasi dengan Ditreskrimum Polda NTB," terang Kombes Djuhandani.(gix)


TAGS :

Komentar