Sasar 2.006 Orang Lansia, Kelurahan Panjer Lakukan "Jemput Bola" Vaksinasi Covid-19

  • 05 April 2021
  • 21:04 WITA
  • News
Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal, Senin (5 April 2021).

DENPASAR, Balitopnews.com - Masih rendahnya cakupan vaksinasi Covid-19 untuk para lansia di wilayah Densel I, disikapi oleh Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan dengan melaksanakan vaksinasi Covid-19 massal dengan sistem jemput bola.Vaksinasi massal lansia ini dimulai hari ini Senin (5 April 2021) hingga Rabu (7  April 2021).

Menurut Lurah Panjer I Made Suryanata,  vaksinasi jemput bola bagi para lansia yang ada di kelurahan Panjer khususnya, dan umumnya yang berada di wilayah Densel I yang meliputi Kelurahan Panjer, Sesetan, dan Sidakarya.

Untuk Kelurahan Panjer, kata Suryanata dilakukan di 2 lokasi yakni  di Banjar Kaja dan Wantilan Desa Adat Panjer, dengan sasaran  lansia berjumlah 2.006 orang dari 9 lingkungan. Disamping lansia, vaksinasi massal ini juga melibatkan tenaga pendidikan dan prajuru desa setempat.

Vaksinasi di Banjar Kaja melayani warga dari 4 Banjar yakni Br. Kaja, Celuk, Tegal Sari, dan Manik Saga. Sedangkan di Wantilan Desa Adat Panjer diikuti warga dari 5 Banjar yakni Banjar Kangin, Antap, Bekul, Sasih, dan Kertha Sari.

"Sasaran di Densel I masih jauh dibawah harapan, baru 33 persen. Sehingga Kepala Puskesmas Densel I mengambil sikap untuk melaksanakan jemput bola. Karena sasarannya lansia mungkin datang ke puskesmas jadi kendala. Sehingga dilakukan jemput bola untuk mendekatkan pelayanan," sebut Suryanata.


Pada kunjungannya ke lokasi vaksinasi di Banjar Kaja Panjer, Walikota Jaya Negara memberikan apresiasi karena pelayanan vaksinasi kepada lansia dilakukan secara jemput bola sehingga pelayanan menjadi lebih dekat dengan sasaran. 

Disamping itu, apresiasi juga diberikan Walikota karena vaksinasi massal ini juga melibatkan tenaga pendidik dan para prajuru desa.

Sedangkan Kepala Puskesmas Densel I
dr.AA Ngurah Gede Dharmayuda menyebut pihaknya bergerak berdasarkan data. Khusus Densel I cakupannya masih cukup rendah baru 33 persen, padahal vaksinasi lansia harus tuntas sampai bulan Juni ini.

"Oleh karena itu tidak ada cara lain, kita harus merangkul semuanya dengan cara jemput bola. Yang menjadi kendala selama ini, lansia jika ke puskesmas tidak ada yang mengantar. Jadi dengan dibuka pelayanan di tempat yang paling dekat, kita harapkan lansia lebih terfasilitasi," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar