HUT  Abpedmas Bali Ke-1, Komit Jalankan Tupoksi dan Realisasikan 4 Pilar

  • 17 Oktober 2021
  • 21:10 WITA
  • News
Potong tumpeng menandai HUT Abpedmas Provinsi Bali Ke-1, Minggu (17 Oktober 2021)

GIANYAR, Balitopnews.com - Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (Abpednas) Provinsi Bali diharapkan menjalankan tugas pokok dan fungsi sebagai alat komunikasi, sekaligus merupakan wadah aspirasi dari seluruh BPD menuju tata kelola pemerintahan di masing-masing desa.


Hal itu diungkapkan Deny Purnamaningtyas dan I Komang Warsa dari DPP Abpednas saat menghadiri HUT Abpedmas Bali Ke-1 di RM Bendega, Patai Lebih, Gianyar, Minggu ( 17 Oktober 2021).

 

Pada kesempatan itu juga diharapkan merealisasikan Empat Pilar diantaranya, Peningkatan kapasitas SDM, Pendirian koperasi abpednas berbasis UKM, Optimalisasi media dan teknologi informatika, serta Penguatan kelembagaan melalui rencana aksi. 


 

Sementara itu Ketua Abpednas provinsi Bali I Wayan Madra Suartana mengucapkan terimakasih atas kehadiran pengurus DPP Abpednas dalam rangka HUT Abpedmas Provinsi Bali Ke-1. "Saya juga mengucapkan terimakasih kepada jajaran pengurus Abpedmas Bali yang hadir ditengah kesibukan dan masih dalam suasana Pandemi, " jelas Madra. 


 

Pada kesempatan itu ia juga memohon maaf karena pasca di Kukuhkan oleh Gubernur Bali tepat satu tahun yang lalu masih banyak kegiatan yang belum terealisasi. "Selain karena Pandemi Covid-19, tersendatnya kegiatan karena belum adanya sinkronisasi diantara mitra Kerja di tingkat provinsi, kabupaten dan kota, " tandas Madra Suartana. 

 

 Madra menjelaskan di dalam anggaran dasar Abpedmas menyebutkan bahwa tujuan asosiasi ini didirikan sebagai mitra pemerintah dalam dalam upaya mempercepat pembangunan yang ada di Desa, serta sebagai wadah konsolidasi pemersatu antar anggota BPD diharapkan terjalin komunikasi dan kerukunan antar masyarakat Desa Dinas maupun Desa adat. "BPD memiliki keabsahan atau legitimasi dalam penyelenggaraan pemerintahan Desa. Memiliki tugas yang strategis mewakili masyarakat menyerap mengelola dan menyampaikan aspirasi masyarakat. Juga menjadi penyeimbang jalannya pemerintahan di Desa, " jelas Madra. (Md) 


TAGS :

Komentar