Viral, Turis Asing Pose Bugil di Pohon Raksasa Kayu Putih Pura Babakan, Tua, Marga

Viidio singkat wisatawan asing pose bugil di Kayu Putih Raksasa di Marga Tabanan

TABANAN, Balitopnews.com - Beredarnya video singkat wisatawan asing dengan pose bugil di Pohon Raksasa Kayu Putih, di belakang Pura Babakan, Desa Tua, kecamatan Marga, Tabanan, membuat heboh.

 

Diduga pose bugil perempuan wisatawan asing tersebut dibuat sebelum pandemi covid-19 dan baru diviralkan. 

 

Penyarikan Pura Babakan, I Made Kurna Wijaya saat dikonfirmasi Rabu (4 Mei 2022) kaget dengan beredarnya video pose bugil wisatawan asing tersebut. 

 

 Kurna Wijaya tidak mengetahui secara pasti. Namun kemungkinan dilakukan enam tahun lalu, ini dikarenakan empat tahun belakangan hampir tiap hari aktifitas kegiatan di Kayu Putih yang dikelola menjadi obyek wisata ini cukup ramai, apalagi sudah dilengkapi beragam fasilitas, termasuk petugas jaga . “Kemungkinan video ini diambil enam tahunan lalu, karena sekitar empat tahun ini aktifitas disini selalu ramai dan mudah dimonitor, kalau enam tahun lalu disini masih semak dan hanya ada jalan pintas masuk menuju pohon,”ucapnya.


 

Beredarnya video pose bugil wisatawan asing, membuatnya kecewa dan  berharap pihak terkait bisa menelusuri keberadaannya untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya secara sekala dan niskala. Bahkan pihaknya juga sudah langsung melakukan rembug dengan prajuru desa termasuk dengan pemaksan, penglingsir dan pemangku rencananya akan melakukan upacara guru piduka atau pembersihan. Dimana untuk guru piduka akan digelar bertepatan piodalan di Pura Babakan, pada Anggara Kasih Julungwangi (Selasa Kliwon Wuku Julungwangi).

“Karena kami meyakini ada yang melinggih di Pura Babakan dan pohon Kayu Putih. Jadi selayaknya ada upacara pembersihan. Pengampura (meminta maaf secara niskala),”jelasnya.

 

Termasuk kedepannya, prajuru akan mengevaluasi lagi penjagaan yang ada. Memperketat pengunjung yang datang dengan aturan-aturan sepantasnya datang ke areal pura atau tempat suci. "Di sini pengunjung biasanya Sabtu dan Minggu saja. Dengan jumlah petugas jaga tiga orang. Dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore. Di luar hari itu sepi. Karena kami juga biar bisa potong rumput atau ambil pekerjaan lainnya," tutur Kurna.

 

Perbekel Desa Tua, I Wayan Budiarta Putra. Ia menduga pengambilan foto atau video seorang bule berpose tanpa busana di areal objek wisata kayu Putih ini bukanlah terjadi belakangan ini, melainkan beberapa tahun lalu atau sebelum tahun 2019. “Kami sangat menyayangkan juga peristiwa ini, untuk jadi bahan evaluasi kedepan, apalagi tempat yang kami sucikan ini dipakai aktivitas hal-hal yang tidak semestinya dilakukan.”ucapnya.

 

Sementara itu pihak kepolisian belum belum memperoleh informasi detil terkait unggahan video di media sosial tersebut." Kami berupaya  akan mengusut hal itu. Termasuk juga akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk penanganannya. Akan kami turunkan tim untuk menyelidiki," ujar Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra. (Ktb01/Btnc) 


 


TAGS :

Komentar