Libur Lebaran Kunjungan Wisatawan ke DTW Tanah Lot Melonjak, Tembus 9.367 Orang Per hari. 

Wisatawan domestik dan asing mulai memadati DTW Tanah Lot, Tabanan, Bali

TABANAN,Balitopnews.com - Selama Libur Lebaran 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot mengalami peningkatan. Dari data, lonjakan wisatawan sudah mulai terlihat saat libur cuti bersama hingga tanggal 3 Mei 2022, jumlahnya menembus angka 9.367 orang per hari. 

 

Asisten Manajer DTW Tanah Lot, Putu Toni Wirawan menyebutkan jumlah kunjungan wisatawan ke DTW Tanah Lot sudah mengalami peningkatan sejak tanggal 29 April 2022.

 “Pada tanggal 29 April jumlah kunjungan sebanyak 1.985 orang, selanjutnya, tanggal 30 April tercatat sebanyak 2.812 orang. Tanggal 1 Mei sebanyak 5.031, tanggal 2 Mei sebanyak 7.732 dan tanggal 3 Mei sebanyak 9.367 wisatawan,” jelasnya Kamis 5 Mei 2022.

Dari total kunjungan wisatawan yang datang ke Tanah Lot ini, didominasi oleh wisatawan domestik yang dominan berasal dari Pulau Jawa, Sumatra dan Kalimantan. Sedangkan wisatawan asingnya didominasi dari Australia. Peningkatan kunjungan wisatawan asing mulai terlihat sejak minggu kedua bulan April, dari yang awalnya hanya 30 orang per hari menjadi 500 orang per hari. Meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan asing ini, terjadi sejak minggu kedua bulan April lalu, tepatnya ketika kebijakan VoA mulai diterapkan. “Sejak adanya penerapan Visa On Arrival (VoA) atau Visa Kunjungan bagi wisatawan asing yang datang ke Bali, jumlah kunjungan wisatawan asing ke Tanah Lot meningkat, yang awalnya sebanyak 30 orang per hari menjadi 500-an orang per hari, jadi penerapan VoA ini sangat berpengaruh pada tingkat kunjungan wisatawan asing ke Tanah Lot,” urainya.

Ramainya kunjungan wisatawan diprediksi akan berlanjut hingga akhir Mei hingga Juni bulan depan. “Kami tetap optimis kunjungan tetap akan ramai menjelang liburan sekolah akhir Mei hingga Juni ini”, jelasnya. 

Walaupun kunjungan wisatawan sudah mulai mengalami peningkatan, pengelola tetap menekankan untuk disiplin protokol kesehatan sejak tiba di DTW Tanah Lot. Mulai dari scan barcode pedulilindungi, cek suhu tubuh, pemakaian masker yang benar, menghindari berkerumun serta rutin mencuci tangan. Bahkan himbauan prokes selalu disampaikan setiap 10 menit sekali. “Kami tetap tekankan kepada pengunjung agar disiplin prokes selama berkunjung dan tentunya jaga kesehatan selama berwisata untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan”, pungkasnya. 

Selain itu, pada hari Rabu (4 Mei 2022), Seksi Kedokteran dan Kesehatan (SiDokkes) Polres Tabanan menggelar Gerai Vaksin Presisi Akselerasi Vaksinasi Kedua dan Booster di DTW Tanah Lot guna berupaya mencegah penyebaran Covid-19. Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra, S.I.K., M.H., melalui Kasi Humas Polres Tabanan Iptu I Nyoman Subagia, S.Sos., menyampaikan Gerai Vaksin Presisi itu sebagai upaya Polres Tabanan membantu program pemerintah dalam rangka mempercepat vaksinasi massal menuju Indonesia Sehat, khususnya di Kabupaten Tabanan. Gerai vaksin yang dipimpin Ipda dr. Ayu Widya Utami ini menyasar pengunjung dan masyarakat umum di kawasan DTW Tanah Lot. (Md/Btnc) 


TAGS :

Komentar