Memuliakan Dewi Sri di Jatiluwih Festival 2019

 

Balitopnews.com, Tabanan

Daya Tarik Wisata (DTW ) Jatiluwih kembali menggelar  Jatiluwih Festival 2019. Festival yang berlangsung selama tiga hari  dari tanggal 20 September sampai 22 September 2019 mengusung tema Memuliakan Dewi Sri untuk kesejahteraan dan Harmoni ( Glorifying Dewi Sri for Prosperity and Harmony ) .

Manajer DTW Jatiluwih I Nengah Sutirtayasa, Selasa ( 17 September 2019) mengatakan tema yang diusung di Jatiluwih  Festival 2019 Glorifying Dewi Sri for Prosperity and Harmony adalah hakitat Dewi Sri dalam falsah Bali, perihal kuasa atas kelahiran dan kehidupan. Representasi yang disimbolkan dengan ketersediaan pangan di bumi terutama padi. “Memuliakan Dewi Sri mengandung pemahaman dan pesan agar proses yang terdapat di Jatiluwih menjadi perhatian kita semua untuk diyakini, didorong dan dijalankan sebagai laku lampah memelihara dan melestarikan padi dalam relasinya sebagai aspek penting dalam memaknai kelahiran dan kehidupan untuk kesejahteraan dan harmoni,” jelasnya. Hal ini kata Sutirtayasa berkaitan erat dengan pemaknaan Tri Hita Karana sebagai hubungan integral antara Tuhan, Manusia dan Alam.

Dikatakanya, Jatiluwih festival bertujuan untuk mempromosikan destinasi pariwisata alam dan budaya Jatiluwih. “Jatiluwih Festival ini  juga untuk meningkatkan kreatifitas pemuda pemudi Jatiluwih dalam memanage festival. Karena kami libatkan 300 Karang Taruna yang ada di Jatiluwih,” tandasnya. Tentunya juga komunitas masyarakat Jatiluwih akan menampilkan seni dan budaya tradisionalnya. Seperti Tari rejang Kesari Kolosal yang dibawakan oleh ibu ibu PKK yang berjumlah 300 orang, tari pertanian subak catur angga, tari metangi.  Tapil juga okokan Brahma Diva Kencana, beberapa artis seperti Balawan, Gus Teja, Rio Sidik Quintet. Tidak ketinggalan Celekontong Mas juga akan tampil di Jatiluwih Festival.

“Festival kali ini juga menampilkan produk unggulan kuliner khas Jatiluwih pameran poto, ada juga mural art dari Jesna 735 art,”jelasnya.

Sutirtayasa menambahkan, konsep Jatiluwih  Festival 2019 adalah  eco friendly yang ditata dengan material yang ramah lingkungan. Seperti membuat patung Dewi Sri karya seniman Gianyar  I Gusti Ngurah Arya Udianata yang 100 persen terbuat dari bamboo. Dan pihaknya meminimais penggunaan plastik  dalam rangka mendukung visi dan misi Gubernur Bali Nangun Sat Kerthi Loka Bali.

“Untuk pementasan seni dan budaya di pusatkan di D’Uma Jatiluwih Art and Culture Hill, yang juga terdapat camping ground,” tandasnya.

Terkait masalah parkir, pihaknya sudah menentukan empat titik parkir bagi kendaraan dan sudah disiapkan free shuttle buggy. “Untuk kantong kantong parkir sudah kami siapkan, sehingga kegiatan bisa berjalan dengan aman dan lancar,” tandasnya. ( Balitopnews.com / MD)


TAGS :

Komentar