BaliTopNews - Journalists never die

Alamat Redaksi : Jalan Beji nomor 1, Banjar Bongan Gede, Desa Bongan, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Bali

Call:088977952703

[email protected]

Idul Adha, Rukun Warga Muslim Perumnas BSI Potong Hewan Kurban 36 Ekor Kambing dan 15 Ekor Sapi

Senin, 17 Juni 2024

BaliTopNews - Journalists never die

TABANAN,Balitopnews.com – Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI), Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali pada Hari Raya Idul Adha 1445 H ini melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajirin memotong hewan kurban berupa sapi sejumlah 15 ekor dan kambing 36 ekor.

 

Ketua RWM Perumnas BSI dan sekitarnya Purwoko mengemukakan dibanding tahun lalu jumlah hewan kurban yang dipotong mengalami peningkatan.

 

“Saat Idul Adha tahun lalu, hewan kurban yang dipotong sapi sejumlah 12 ekor dan kambing 22 ekor. Jumlah sapi yang dipotong tahun ini meningkat tiga ekor dan kambing meningkat 14 ekor,” katanya di sela-sela kegiatan pemotongan hewan kurban yang dilaksanakan di lapangan belakang Masjid Al Muhajirin, Perumnas BSI, Senin (17 Juni 2024)

 

Menurut Purwoko, warga muslim yang tinggal di Perumnas BSI semangat berkurban di hari Idul Adha memang cukup tinggi. Baik pada saat pandemi Covid-19 maupun setelah covid-19.

 

“Ada covid maupun tidak semangat berkurban warga muslim di sini memang lumayan tinggi. Atas nama RWM Perumnas BSI dan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Masjid Al Muhajirin, kami menyampaikan terima kasih kepada warga yang telah berkurban,” katanya.

 

Selain hewan kurban dari warga pihaknya juga menerima hewan kurban dari luar Perumnas BSI di antaranya dari Baznas dan Bupati Tabanan masing-masing berupa seekor kambing

 

Ketua PHBI Masjid Al Muhajirin Jayin menambahkan, dari hewan kurban sapi dan kambing yang dipotong terkumpul lebih dari 2.000 bungkus yang dibagikan kepada warga muslim di Perumnas BSI dan sekitarnya serta kepada saudara non muslim, utamanya para tokoh masyarakat yang ada di Perumnas BSI dan sekitarnya serta yang tinggal di sekitar Masjid Al Muhajirin.

“Selain kepada umat Islam, daging kurban juga ada yang kami bagikan kepada saudara non muslim serta warga muslim yang ada di luar Perumnas BSI,” katanya.

Dalam kegiatan pemotongan hewan kurban kali ini PHBI Masjid Al Muhajirin membentuk panitia kurban sejumlah 280 orang yang terdiri dari kaum bapak, ibu dan remaja masjid. Bidang kepanitian terdiri dari bidang penyembelihan, pembersihan jeroan, pemotongan daging, penimbangan, pengantaran daging dan bidang konsumsi yang ditangani ibu - ibu.

“Alhamdulillah, pekerjaan pemotongan hewan kurban yang dilakukan seusai sholat Idul Adha bisa diselesaikan secara tuntas sebelum Ashar,” ujarnya.

Jayin menambahkan, sebelum kegiatan pemotongan hewan kurban, dilaksanakan sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin hingga di ruas jalan yang ada di depan Masjid Al Muhajirin. Jamaah sholat diperkirakan lebih dari 2.000 orang hingga Masjid Al Muhajirin yang berkapasitas sekitar 1.000 orang tidak mampu menampung jamaah.

“Jamaah ibu-ibu terpaksa sholat di jalan, sementara jamaah laki-laki sholat di dalam masjid lantai I dan II,” terangnya.

Menurut Jayin, dalam sholat Idul Adha di Masjid Al Muhajirin Perumnas BSI kali ini bertindak sebagai khotib yakni AKBP (purn) Yani Nur Syamsu yang membawakan materi khotbah berjudul “Korbankan Harta dan Kekuasaan demi Cinta, Jangan Korbankan Cinta demi Kekuasaan dan Harta”.

Sementara usai sholat Idul Adha, dari para jamaah terkumpul dana infak dari jamaah sejumlah Rp 14.810.000. “Dibanding Idul Adha tahun lalu, dana infak yang terkumpul kali ini ternyata jumlahnya cukup besar. Tahun lalu kurang dari 10 juta rupiah,” jelasnya.

Sementara itu H-1 menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, Rukun Warga Muslim (RWM) Perumnas Bukit Sanggulan Indah (BSI) dan sekitarnya menggelar takbir keliling di kompleks Perumnas BSI, Minggu malam (16 Juni 2024) .

Ketua RWM Perumnas BSI dan sekitarnya, Purwoko mengemukakan, takbir keliling diikuti oleh Majelis Taklim (MT) dan anak-anak TPQ yang ada di lingkungan Perumnas BSI dan sekitarnya.

”Jumlah peserta lomba ada 26 MT yang terdiri dari gabungan MT bapak-bapak, ibu-ibu dan anak-anak yang tergabung dalam Taman Pendidikan Al Quran (TPQ). Bila dihitung personilnya jumlah peserta ada sekitar 500 orang lebih,” paparnya.
Menurut Purwoko, takbir keliling selain untuk menyambut dan meramaikan Hari Raya Idul Adha, juga dimaksudkan sebagai syiar. “Mengikuti mobil hias di depan, peserta berkeliling jalan kaki mengumandangkan takbir menyambut datangnya Hari Raya Idul Adha. Takbir keliling mengambil start dan finish di selatan Masjid Al Muhajirin Perumnas BSI. Jarak yang ditempuh sekitar 2 Km,” pungkasnya. (Md/Rls/Btnc)


Komentar

Berita Terbaru







Terpopuler