Tidak Dihadiri Sekda dan OPD, Dewan Tabanan Batalkan Rapat Banggar

  • 03 Agustus 2018
  • 12:31 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN
Rapat badan anggaran ( Banggar ) tentang RAPBD 2019 yang sedianya digelar Jumat siang ( 3 Agustus 2018) di Ruang Sidang Paripurna DPRD Tabanan dibatalkan Ketua DPRD. 
 
Dibatalkanya rapat yang dimulai sekitar pukul 11.00 Wita itu karena Sekda dan pimpinan OPD tidak hadir. Para pejabat teras Pemkab Tabanan itu hanya dihadiri perwakilanya saja, setara Sekdis dan Kabid. 
 
Sontak saja Ketua DPRD Tabanan I Ketut “Boping” Suryadi  yang baru saja membuka rapat langsung membatalkan rapat. Karena saat masuk pembahasan hanya  para perwakilan Sekda dan OPD yang hadir dan hendak memberikan penjelasan. Rapat kemudian langsung ditunda yang kemudian disetujui oleh Wakil  Ketua DPRD, Ni Made Meliani  dan Ni Nengah Sri Labantari, pun oleh anggota Banggar lainya. 
 
 
 
"Mohon dihargai lembaga ini, tidak ada maksud saya apa-apa. Kalau yang hadiri cuma Sekdis Kabid gimana ambil kesepakatan, nanti ketika ditanya akan dikoordinasikan ke pimpinan lagi. Sekda juga gak hadir, ke Jakarta terus, bilang dewan aja nanti ke Jakarta," ujarnya terkesan kesal.
 
Ia juga menyampaikan, karena ini namanya rapat kerja setiap pertanyaan harus bisa dijawab. "Saya gak yakin mereka (Sekdis, Kabid) bisa jawab karena setiap pertanyaan harus mampu dijawab. Yang hadir cuma sekertaris kabid, ketua TAPD gak hadir," katanya usai memimpin rapat.
 
Ia pun mengatakan sudah menghargai setiap rapat kerja Bupati, Wakil tidak pernah disangkut pautkan, yang penting Sekda harus hadir. "Udalah Bupati, Wakil tidak disangkut pautkan, yang penting Sekda hadir. Ini sampai Sekda aja gak hadir, kepala OPD juga gak hadir cuman sekertaris, kabid, buat apa rapat," tegasnya dengan nada terdengar tinggi dan kesal. 
 
Boping pun tidak bisa memastikan, rapat tersebut bisa digelar kembali. "Sampai mereka para pimpinan OPD  siap baru nanti rapat," tandasnya.
 
Sekda Tabanan, I Nyoman Wirna Ariwangsa ketika dikonfirmasi memamg sedang diluar daerah karena ada tugas ke Jakarta. Mengenai pimpinan OPD yang tidak hadir, ia menyarankan mengkonfirmasi ke masing-masing kepala OPD. "Harusnya tadi ditanya yang mewakili mengapa pimpinan tidak hadir. Saya memang ada di luar daerah ada acara yang harus dihadiri Sekda," jelasnya. 
 
Atas ketidakhadiranya ia di rapat, ia sudah meminta Asisten III, I Made Sukada untuk mewakili. "Sebenarnya bahan-bahan rapat sudah siap itu, kalau masalah tidak siap para kabid dan sekdis diberikan pertanyaan karena atasan sudah diperintah mewakili ya harus siap," terangnya.
 
Dirinya juga sudah mengetahui jika rapat ditunda dan akan dilanjutkan hari Senin. "Memang ditunda nanti dilanjutkan katanya hari Senin. Dan untuk para OPD yang tidak hadir mungkin lagi menghadiri acara," tandas Wirna Ariwangsa. Sementara itu salah satu pejabat yang mewakili pimpinan OPD mengaku kalau pimpinanya sedang ada acara ke Denpasar mendampingi Bupati. 
 
Memang situasi rapat banggar yang digelar di Ruang Sidang Paripurna pukul 11.00 Wita mulai panas. Sidang yang ditunda satu jam itu lengkap dihadiri pimpinan DPRD. Ketua I Ketut Suryadi dan dua Wakil DPRD Tabanan Ni Made Meliani dan Ni Nengah Sri Labantari. Tampak juga hadir pimpinan Komisi. (Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar