Menuju E-Government, BRSUD Tabanan Launching Layanan Baru dan Inovatif. Apa Saja ?

  • 04 Agustus 2018
  • 09:23 WITA
  • News
Balitopnews.com, TABANAN 
BRSUD Tabanan melaunching layanan baru dan layanan inovatif menuju E-Government, Sabtu ( 4 Agustus 2018).  Sejumlah layanan baru dan inivatif tersebut  diresmikan langsung  oleh Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti. 
 
Direktur BRSUD Tabanan dr I Nyoman Susila menjelaskan BRSUD Tabanan berdiri sejak tahun 
1953.  Saat ini jumlah tempat tidur yang tersedia sebanyak 225 dengan jumlah tenaga baik medis maupun tenaga non medis  sebanyak 1039 orang. Dalam perjalananya sejak tahun 2014 sudah menjadi rujukan RS Regional, dan pada tahun 2016 menjadi RS kelas B yang sudah bisa mendidik dokter. Pada tahun 2013 BRSUD Tabanan sempat mengalami disclaimer, namun upaya kerja keras dari semua tim yang ada dan pembenahan yang dilakukan secara menyeluruh akhirnya sejak tahun 2014 sampai 2017 BRSUD Tabanan mendapatkan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). “Astungkara dengan kerja keras tim dan bimbingan serta arahan dari Ibu Bupati, akhirnya kita bisa melewati disclaimer dengan memperoleh WTP empat  kali berturut – turut,” jelas dr I Nyoman Susila. 
 
Guna meningkatkan pelayanan menuju era digital dan online,  pihaknya kemudian membuat system informasi rumah sakit Tabanan. “Layanan ini dikerjakan selama tiga tahun oleh putra putri Tabanan dan dikembangkan menuju e-government,” tandas Susila. 
 
Ada 17 tambahan layanan yakni pengembangan SIMRS dengan Smart Maruti, system pendaftaran online, e-tendering pengadaan makanan dan minuman pasien, pengelolaan sampah medis dengan transpormer, informasi kamar dan antrean kamar secara online, blue code system, layanan laparoscopy, program pendidikan dan penelitian profesi dokter di Warmadewa, transaksi penerimaan dan pengeluaran non tunai secara online, remunerasi dengan payroll system, laboratorium information system, lansia prioritas, pelayanan gersatri, free discharge administration, one stop registration, starpasima ( layanan antar pulang pasien, sesidar  ( selalu siap darah kelompok bank darah emergency call). 
 
“Selain itu ada juga layanan patologi anatomi, layanan mikrobiologi, ruang ICCU, ruang HCU, architect plus 1000 SR, dan Multi Slice Computed Tomography (MSCT 128 Slice ),” beber Susila. 
 
Sementara itu pengguntingan pita oleh  Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menandai layanan dan inovatif baru itu dilaunching. 
 
Bupati Eka Wiryastuti dalam sambutannya memberikan apresiasi dan dukungannya terhadap layanan baru dan inovatif yang dilaunching BRSUD Tabanan. 
 
"Layanan dan inovasi baru yang dilakukan BRSU Tabanan memang luar biasa dan membanggakan. Walau luarnya belum Ferari, ternyata mesinnya Ferari. Tidak masalah itu hanya fisiknya. Bagi saya yang penting bobotnya, SDM-nya andal ditaruh di mana saja akan memberikan hasil yang terbaik,"  jelas Bupati Eka. 
 
Pada kesempatan itu Bupati Eka juga memuji atas raihan laporan keuangan BRSU Tabanan dari BKP yang empat tahun berturut-turut sejak tahun 2014 meraih predikat WTP, Wajar Tanpa Pengecualian. Demikian juga dengan penilaian kinerja lainnya dari BPKP dan Ombudsman yang meraih predikat baik.
 
Menurut Bupati Eka, tidak ada kesuksesan gratis yang jatuh tiba-tiba dari langit. Semua memerlukan perjuangan dan pengorbanan seperti yang dilakukan BRSUD Tabanan karena dulu pernah meraih laporan keuangan disclaimer.
 
Pada launching layanan dan inovatif tersebut juga dihadiri Ketua DPRD Tabanan I Ketut Suryadi. Boping begitu ia kerap disapa mendorong sepenuhnya upaya upaya perbaikan layanan yang ada di BRSUD Tabanan. “Kita support jiwa raga, kalau memang dibutuhkan regulasi kita dorong apalagi dibutuhkan dana, Karena ini urusan publik, “ tandasnya.  Ditegaskan orientasi dan  semangat serta komitmennya  untuk memberikan pelayanan public yang maksimal di BRSUD Tabanan. “ Jangan sampai diomongin yang nggak baik terus. Tengok dong sekarang kesini,” tandasnya. 
 
Selain  melaunching layanan dan inovatif baru, Bupati Tabanan juga melantik dua dokter ahli utama. Yakni dr Ni Ketut Ayu Sudariani, Sp.S dan dr I Nyokan Gde Sumardika, Sp.PK. Pada kesempatan itu juga dihadiri jajaran Muspida Tabanan.  ( Balitopnews.com / Made Donny ) 

TAGS :

Komentar