Dubes RI Untuk Argentina Jajaki Kerja Sama Pemanfaatan Bambu, dan Pariwisata Pertanian

  • 24 Oktober 2018
  • 14:04 WITA
  • News
 
Balitopnews.com, TABANAN 
Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti menerima kunjungan Duta Besar RI di Buenos Aires Argentina Niniek Kun Naryatie,Selasa(23/10) di ruang kerjanya. Kedatangan Duta Besar RI tersebut adalah untuk menjajaki kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Tabanan dalam bidang pengolahan dan pemanfaatan bambu dan Pariwisata pertanian“ Kami sangat welcome.Kami sangat bangga dan bersyukur kebagian rejeki dapat kerja sama lagi dan ini sangat penting karena kami paham bahwa yang namanya kita membangun itu harus banyak sharing, sharing pengalaman, sharing kesuksesan,  sharing semuanya yang disesuaikan potensi daerahnya masing-masing, “ kata Bupati Eka.
 
Dikatakan Tabanan tidak hanya pertanian saja, Tabanan juga punya hutan lindung bambu dengan produksi bambu yang banyak, termasuk juga olah makanan dari embung bambu.
“tidak itu saja kami juga mengembangkan sektor pariwisata pertanian”,ujarnya.
Masih kata Bupati Eka, pertemuan itu akan segera ditindaklanjuti dengan membuat MOu , draf perjanjian,karena bagaimanapun Tabanan ini yang kota kecil diharapkan bisa memberikan kontribusi  terhadap Negara untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khsususnya di bidang pertanian dalam arti luas.
 
“Tabanan ini yang kota kecil , bagaimana bisa terlihat kota kecil ini bermanfaat. Nah artinya ini adalah chan atau kesempatan untuk kita bisa menjalin hubungan yng baik antar dua Negara argentina dan Indonesia yang diwakilkan oleh Tabanan  untuk bisa menghasilkan sesuatu yang bermanfaat khususnya dibidang pertanian dalam arti luas,”bebernya.
 
Sementara sebelumnya Duta Besar RI  di Buenos Aires Argentina, Niniek Kun Naryatie menyampaikan maksud kedatangannya Tabanan adalah untuk menjalin kerjasama dalam pengolahan dan pemanfaatan bambu.“ Tabanan itu yang saya dengar dan saya ketahui mempunyai suatu keunikan dan kekhasan  yang tidak dimiliki daerah lain yaitu bambu. bagaimana mengembangkan bambu, memanfatkan bambu semaksimal mungkin, nah ini menjadi perhatian bagi pemerintah Argentina yang ingin mengembangkan bambu,”jelasnya.
 
Selanjutnya dikatakan hal itu merupakan kesempatan  untuk unjuk gigi, bahwa Negara kita mempunyai apa saja,salah satunya bambu itu. Di Argentina mempunyai banyak bambu tapi belum bisa memanfaatkan  secara maksimal.
“ Secara tradisional tentu bambu  digunakan, tetapi belum seperti kemajuan yang ada di Tabanan , ada furniture, mungkin infrastruktur  bentuk rumah, bentuk restoran yang lebih artistik belum ada,”ucapnya. 
 
Turut hadir mendampingi Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Asisten  Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana, Kadis Pertanian I Nyoman Budana.
Dalam pertemuan tersebut, bupati Eka juga memperkenalkan dan mempromosikan Desa wisata, Produk-produk  olahan BUMdes. Dan diakhir acara, Bupati Eka juga memberikan produk –produk olahan Bumdes yang telah dipasarkan oleh BUMda, serta pemberian lukisan tanah lot. (Balitopnews.com / Made Donny / Rls ) 

TAGS :

Komentar