Wabup Sanjaya Ingatkan Atlet Porjar Menjunjung Tinggi Sportivitas dan Berdoa

  • 12 Februari 2019
  • 10:33 WITA
  • News
Balitopnews.com, Tabanan 
Wakil Bupati Tabanan, DR. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, membuka secara resmi Pekan Olah Raga Pelajar (Porjar) Kabupaten Tabanan, dengan tema ‘Melalui Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 Kita Tingkatkan Prestasi Olahraga Menuju Tabanan Serasi,”.
 
Pembukaan Porjar  yang dipusatkan  di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Selasa (12 Pebruari 2019)  ditandai dengan membunyikan alat musik Okokan.
 
Hadir juga saat itu, Pemegang Tongkat Komando Rindam IX Udayana, Esy Suharto, Forkopinda Tabanan, Salah satu anggota DPRD Tabanan, Instansi Vertikal dan BUMD Tabanan, serta OPD di lingkungan Pemkab Tabanan.
 
Dalam sambutannya, Wakil Bupati yang akrab disapa Wabup Sanjaya tersebut mengatakan melalui tema tersebut diatas, Para Pelajar yang mengikuti Porjar Kabupaten Tabanan 2019 ini akan tumbuh  dan berkembang menjadi generasi muda yang tangguh, sehat jasmani dan rohani. Sehingga mampu bersaing dan ikut berpartisipasi dalam pembangunan di Kabupaten Tabanan seiring dengan Visi Tabanan Serasi.
 
Wabup Sanjaya menjelaskan, Pekan Olahraga Pelajar merupakan ajang/kompetisi, sekaligus ajang evaluasi pembinaan olahraga di Sekolah, baik di kecamatan, Kabupaten maupun Provinsi. Dikatakannya Porjar sangat strategis dalam rangka membentuk manusia Indonesia seutuhnya, sehat jasmani dan rohani, taqwa terhadap Tuhan, terampil, berdedikasi tinggi serta bertanggung jawab terhadap Bangsa dan Negara.
 
“Para peserta yang hadir disini adalah merupakan siswa terbaik dalam bidang olahraga yang dipilih dari semua Sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan, baik dari tingkat SD, SMP maupun SMA/SMK. Oleh karena itu, patut disyukuri karena diberikan kepercayaan mewakili sekolah sekaligus sebagai motivasi dan semangat untuk berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar ini,” jelasnya.
 
Dirinya berharap melalui kegiatan ini bisa melahirkan atlit yang kuat dan tangguh, yang nantinya bisa mewakili Tabanan dalam ajang Porjar Tingkat Provinsi. “Saya ingatkan kepada para peserta/atlit agar dalam pertandingan nanti menjunjung tinggi sportivitas dan selalu berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, agar diberikan kekuatan dan keselamatan dalam bertanding. Sehingga berhasil meraih prestasi,” himbaunya.
 
Wabup Sanjaya menambahkan bahwa di Tahun 2019 ini Tabanan juga akan menyambut event yang besar, yakni menjadi Tuan Rumah Porprov Bali 2019. “Kita didalamnya harus siap menyambut hajatan ini, dan sudah membangun Gor Debes. Tidak hanya itu, kegiatan ini nantinya juga akan dilakukan tidak terpusat seperti biasanya namun merata di seluruh Kecamatan di Tabanan. Diharapkan nantinya bukan saja menyuguhkan kegiatan olahraga tetapi juga memadukan olahraga dengan pariwisata, sehingga ketika ada event Porprov, Desa-desa di sekitar bisa menikmati hasil pembangunan Kabupaten Tabanan,” bebernya.
 
Sebelumnya, I Putu Weda Astawa selaku Ketua Panitia Porjar, melaporkan bahwa Porjar adalah kegiatan tingkat Daerah yang dilaksanakan setiap tahun adalah titik balik kulminasi pembinaan prestasi olahraga Pelajar tingkat Daerah dan sekaligus merupakan gambaran hasil pembinaan yang dilaksanakan oleh tiap-tiap Sekolah yang ada di Kabupaten Tabanan. Dengan tujuan mengadakan evaluasi kegiatan olahraga para Pelajar, untuk menjaring atlit Pelajar yang akan dipersiapkan ke tingkat Provinsi, serta memberi kesempatan kepada olahragawan dan/atau olahragawati Pelajar untuk berpacu dalam prestasi pada arena Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan.
 
Weda Astawa menjelaskan, Porjar akan dilaksanakan mulai tanggal 12 Pebruari sampai dengan 24 februari 2019, bertempat, diantaranya di Lapangan dan Gor Debes, Lapangan Alit Saputra, Lapangan Umum Kerambitan, Dewara Sport Sangulan, Kolam renang Rindam, dan lainnya. Atlet yang berlaga merupakan atlit pilihan di tingkat Sekolah dan Kecamatan, yang akan berlomba atau berkompetisi pada 21 cabang olahraga dan 3 cabang olahraga eksebisi yang akan dipertandingkan.
 
Diantaranya, Atletik, Bola Basket, Bulu Tangkis, Bola Voli, Catur, Karate, Judo, Renang, Pencak silat, Panjat Tebing, Petanque, Senam, Sepak Bola, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tarung Drajat, Taekwondo, Wood Ball, Dance Sport, Balap Sepeda, serta Eksebisi diantaranya, Rugby, Gateball dan Pexi. “Jumlah peserta atau atlit yang terlibat pada Pekan Olahraga Pelajar Kabupaten Tabanan Tahun 2019 adalah sebanyak 2161 orang atlit,” pungkas Weda. (Balitopnews.com / Made Donny / Hms Tbn ) 

TAGS :

Komentar