Gus Adhi: Pertanian Bali harus Mendapatkan Perhatian Serius

  • 13 Februari 2019
  • 06:34 WITA
  • News
AA. Adhi Mahendra Putra, Anggota DPR RI Dapil Bali dari Partai Golkar (foto: istimewa)  

Balitopnews.com, Denpasar - Pertanian adalah sektor yang mestinya mendapatkan perhatian dan pengembangan serius khusunya di Bali. Bukan hanya karena pertanian sebagai sektor perekonomian primer kita, namun juga bagi masyarakat Bali, pertanian adalah basis dari kebudayaan, adat dan tradisi masyarakat Hindu Bali.

Khususnya di Bali, pertanian juga menjadi salah satu daya tarik yang membuat wisatawan datang. Salah satunya yang menjadi daya tarik tersebut yaitu sistem Subak yang unik dan hanya terdapat di Pulau Bali.

Oleh karena itu, sudah semestinya pertanian dan petani mendapatkan perhatian yang serius dari pemerintah. Petani harus diberi dukungan, mereka harus diperkuat dan ditingkatkan kesejahteraannya sehingga ancaman alih fungsi lahan pertanian menjadi gedung bangunan dapat dihentikan dan generasi muda mau melirik dan mengelola sektor pertanian.

Hal inilah yang menjadi konsen perhatian dari A.A. Adhi Mahendra Putra atau yang akrab disapa Gus Adhi, anggota DPR RI dari Partai Golkar Bali. Gus Adhi mengatakan sejak pertama maju sebagai Calon Anggota DPR RI hingga kini dirinya telah berhasil memperjuangkan dua program di bidang pertanian, yaitu asuransi bagi petani dan asuransi bagi nelayan.

"Waktu saya pertama kali terpilih, saya bilang cita-cita saya ada dua, memperjuangkan asuransi petani dan asuransi nelayan. Astungkare 2016 kemari sudah bisa terwujud," ungkapnya saat hadir dalam diskusi di Warung Kubu Kopi, Jl. Hayam Wuruk, Denpasar, Selasa 12 Februari 2019.

Menurutnya kedepan pembangunan pertanian di Bali harus dilakukan dengan lebih serius lagi. Untuk itu dirinya mengaku telah menyiapkan program untuk memajukan pertanian yang akan diperjuangkan di pusat nanti.

"di periode yang ke dua saya sudah mengajukan program untuk dijadikan program nasional yang bernama 4GAMP yang akan saya ajukan ke pusat agar dapat menjadi program nasional," ujarnya.

"Kalo pertanian Bali ini dibangun dengan sepenuh hati, Subak ini memiliki poin lebih di Nusantara. Ini bagus sekali, kita sedah memiliki modal utama, melebihi modal yang lain," imbuhnya.

4GAMP adalah empat Gerakan Arah Maju Petani Bali. 4GAMP ini diantaranya yaitu optimalisasi Subak dan Kelompok Tani, Sarana dan Prasarana Pertanian, Bantuan Finansial, dan Dukungan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

"yang pertama kita optimalisasi Subak dan Kelompok Tani (Poktan), kemudian yang kedua kita lengkapi sarana dan prasarananya pertanian, yang ketiga kita lengkapi dengan finansialnya agar petani kita tidak bersentuhan lagi dengan tengkulak-tengkulak. Kemudian yang keempat kita dampingi dengan iptek dan teknologi," papar Gus Adhi, anggota DPR RI Komisi IV, yang salah satunya membidangi Pertanian.

Gus Adhi juga mengatakan bahwa Bali memiliki kekayaan yang luar biasa, terutama di bidang pertanian. Menurutnya apabila pemerintah betul-betul membagunnya, ia yakin Bali akan menjadi lumbung pangan Indonesia Timur. (nai)


TAGS :

Komentar