Kodim Tabanan Panen Raya Di Sawah Demplot Kerambitan

  • 03 Mei 2019
  • 20:13 WITA
Kodim Tabanan bersama masyarakat saat melaksanakan panen raya sawah Demplot yang berlokasi di Subak  Pelem Banjar Batuaji 
Kangin, Desa Batuaji, Kerambitan
 
Balitopnews.com, Tabanan - Untuk mendukung program pemerintah dalam rangka swasembada pangan dan sesuai dengan amanat undang-undang terkait tugas pokok TNI, sebagaimana tercantum dalam Pasal 7 ayat (2) Undang-Undang RI Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, di mana ada tugas operasi militer perang (OMP) dan operasi militer selain perang (OMSP). 
 
Kodim 1619/Tabanan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Tabanan, masyarakat petani dan instansi terkait telah melaksanakan program ketahanan pangan dengan mengolah lahan tidur menjadi sawah produktif seuas 1 hektare dijadikan sawah Demplot yang berlokasi di Subak  Pelem Banjar Batuaji 
Kangin, Desa Batuaji, Kerambitan. Kerja keras antara Kodim 1619/Tabanan dengan instansi terkait selama ini akhirnya membawa hasil dengan dilaksanakannya panen raya pada Jumat (03/05).
 
Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang langsung turun ke sawah  melaksanakan panen raya tersebut, mengatakan bahwa Demplot atau Demonstration Plot adalah suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani, dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.
 
Sawah Demplot ini salah satu metode untuk meningkatkan hasil produktifitas pertanian sehingga diharapkan program swasembada pangan
dan program ketahanan  pangan dapat tercapai.
 
Ketahanan Pangan Kodim 1619/Tabanan telah dilaksanakan sejak beberapa tahun belakangan ini, dengan adanya program upaya khusus (Upsus) di bidang pertanian yang berkesinambungan bersama-sama dengan Dinas Pertanian, instansi terkait dan masyarakat untuk meningkatkan hasil produksi pertanian. 
 
Panen kali ini  menggunakan Combine Harvester yaitu alat yang memiliki tiga fungsi sekaligus yaitu memotong, merontokan, dan membersihkan padi.
 
Ini juga menunjukan bahwa para petani saat ini sudah semakin maju dengan menggunakan alat mesin pertanian atau Alsintan modern seperti Combine Harvester dan alat lainnya saat pengolahan maupun penanaman hingga panen.
 
Hadir dalam kegiatan panen raya ini I Nengah Suandra dari Dinas Pertanian Tabanan, I Md Sugiana dari Dinas Ketahanan Pangan Tabanan, I Made Murti sebagai Kepala Gudang Bulog Kediri I, BP3K Kecamatan Kerambitan I Wayan Pasek Suardika SP., Pasiter Kodim 1619/Tabanan Kapt Inf I Ketut Suardana, Danramil 1619-05/Kerambitan Kapt Inf Wongso S.H., Perbekel Desa Batuaji, Pekaseh dan Sekaa (Anggota) Subak Pelem serta Personel Kodim 1619/Tabanan. (rls)

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang langsung turun ke sawah  melaksanakan panen raya

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto yang langsung turun ke sawah  melaksanakan panen raya

Komentar