Hadiri Pembukaan Pawai Budaya PKB ke-41, Jokowi; Sukseme Masyarakat Bali

  • 15 Juni 2019
  • 14:39 WITA
  • News
Presiden Jokowi mendampingi cucunya, Jan Ethes saat menyapa masyarakat Bali dari atas mobil hias pada acara pembukaan pawai Budaya PKB ke -41, di Lapangan Bajra Sandi, Renon (Foto: Adhi/ Balitopnews.com)

Balitoonews.com, Denpasar - Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo membuka pagelaran pawai budaya dalam rangkaian acara pembukaan Pekan Kesenian Bali (PKB) ke-41, di Lapangan Bajra Sandi, Renon, Sabtu (15/6). Presiden Jokowi nampak hadir didampingi Ibu Negara, Iriana Joko Widodo, dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy serta Gubernur Bali, I Wayan Koster.

Kehadiran Presiden Jokowi di lokasi acara disambut dengan Tari Pendet dan Tari Baris yang ditarikan oleh masing-masing, 100 penari dari Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 3 Sukawati, Gianyar.

Dalam sambutannya sebelum melepas pawai budaya tersebut, Presiden Jokowi mencoba mengawali ambutan dengan Bahasa Bali. "OM Svasti Astu, punapi gatre ne, becik nggih," ujar Jokowi kepada masyarakat yang telah memenuhi lokasi acara. "Becik," sahut masyarakat menjawab ucapan Jokowi, seraya diiringi tepuk tangan yang meriah.

Namun dalam sambutannya tersebut, Presiden Jokowi tak bicara banyak, ia hanya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Bali atas sambutan yang meriah, lalu dilanjutkan dengan pemukulan Kulkul (alat komunikasi tradisional masyarakat adat Bali) yang menandai dimulainya pelepasan peserta pawai.

"Sukseme, semeton sinamian," ujar Jokowi kepada masyarakat Bali.

Sementara itu, Gubernur Bali, Dr. Ir. I Wayan Koster dalam sambutan dan laporannya kepada Presiden Jokowi, menjelaskan kepada Presiden Jokowi bahwa PKB ini merupakan wahana untuk melestarikan seni, budaya dan tradisi masyarakat bali yang luhur yang diwariskan oleh para leluhur.

Dan, penyelenggaraan PKB ini selaras dengan visi "Nangun Sat Kerti Loka Bali" pola pembangunan semesta berencana, mewujudkan masyarakat Bali yang sejahtera, sekala dan niskala, dan dengan mempedomani Peraturan Gubernur No. 99 Tahun 2018 tentang Pemasaran dan Pemanfaatan Produk Pertanian, Perikanan dan Industri lokal Bali. Dan No.97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai.

Pada kesempatan tersebut Gubernur Koster juga kembali mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi yang kembali terpilih sebagai Presiden RI pada Pilpres yang lalu. Gubernur Koster mengatakan bahwa masyarakat Bali telah mendukung penuh, sehingga pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin menang dengan perolehan 91.6% di Bali, tertinggi dari seluruh wilayah yang lain.

"Selamat kepada bapak presiden terpilih lagi sebagai presiden, masyarakat Bali telah mendukung penuh sehingga memperoleh 91.6 %, kini masyarakat Bali berdoa agar bapak selalu memperoleh kesehatan dalam memimpin Indonesia," ucap Gubernur Koster.

Setelah pemukulan Kulkul oleh Presiden Jokowi, didampingi oleh Mendikbud Muhadjir Effendy, dan Gubernur Koster, pawai selanjutnya dibuka dengan penampilan tarian dan tabuh Ketug Bumi. Dan dilanjutkan dengan penampilan seni dari Negara Tiongkok yang turut berpartisipasi dalam pawai budaya tersebut, serta penampilan seni budaya perwakilan dari provinsi Papua dan Jawa Timur, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan dari Kabupaten/ Kota se-Bali. (Adhi)


TAGS :

Komentar