Pangdam IX/Udayana Berangkatkan 77 Personil ke Papua: Mau Menetap, Naik Pangkat

  • 04 Juli 2019
  • 19:59 WITA
SUasana haru yang nampak menyelimuti perpisahan salah satu anggota Satgas Teritorial Korem 163/Wirasatya dengan dua putrinya (Foto: Adhi/Balitopnews.com)
 
Balitopnews.com, Denpasar - Sebanyak 77 Personel TNI Angkatan Darat dari Jajaran Kodam IX/Udayana diberangkat menuju wilayah penugasan di wilayah Papua. Pemberangkatan tersebut dalam rangka melaksanakan fungsi teritorial.
 
Personel tersebut berasal dari satuan jajaran Korem 161/Wira Sakti, Korem 162/Wira Satya dan Korem 163/ Wira Satya, yang akan ditugaskan di wilayah penugasan Kodam XVII/Cendrawasih dan Kodam XVIII/Kasuari.
 
77 prajurit tersebut akan menjadi pionir yang bertugas di satuan komando Kewilayahan (Satkowil) Komando Distrik Militer (Kodim) yang baru dibentuk di dua wilayah kodam di Papua, yakni Kodam Kasuari dan Cendrawasih.
 
Pembentukan Satkowil ini sendiri merupakan inovasi dari pimpinan Angkatan Darat sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan di tiga kodam di wilayah Indonesia bagian timur yang masih kurang.
 
Tiga Kodam tersebut yakni, Kasuari dan Cendrawasih di Papua, dan Kodam Pattimura di Maluku. Ketiga kodam tersebut kondisinya masih sangat kurang, baik dari segi struktur organisasi maupun jumlah SDM-nya.
 
Hal tersebut diungkapkan oleh Pangdam IX/Udayana, Mayjen Benny Susianto, S.I.P saat upacara pelepasan 23 prajurit anggota Korem 163/Wirasatya, di lapangan apel Makorem 163/Wirasatya, Denpasar, Kamis 4 Juli 2019.
 
"Kodam Kasuari, Cendrawasih di Papua dan Pattimura di Maluku kondisinya masih sangat kekurangan baik dari segi struktur organisasi maupun dari jumlah SDM-nya secara kuantitas juga masih jauh jumlahnya," ujar Pangdam.
 
"sehingga AD (Angkatan Darat) pusat ingin mengembangkan struktur satuan kewilayahan yang ada di wilayah tiga kodam tadi. Serta ingin meningkatkan kualitas dari struktur yang sudah ada saat ini," imbuhnya.
 
Dalam penjelasannya lebih lanjut, Pangdam mengatakan 77 anggota yang diberangkatkan tersebut nantinya akan mengemban amanah jabatan Dandim, Danramil dan juga Babinsa, oleh karena itu dari 77 orang tersebut terdiri dari berbagai jenjang kepangkatan, yakni Perwira, Bintara dan Tamtama.
 
"kita mengirim sebanyak 77 anggota, dari 3 korem, Bali, NTB, dan NTT, dengan beragam pangkat, Perwira, Bintara, dan Tamtama juga ada," ujarnya.
 
Sementara itu, Asisten Teritorial (Asiter) Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Mayjend Bakti Agus, F., S.I.P., M.Si., yang turut hadir pada acara pelepasan tersebut mengatakan Satgas Teritorial yang dikirim seluruhnya ada sebanyak 1400 orang, termasuk dari Komando Utama (Kotama) dan Badan Pelaksana Pusat (Balakpus) di Jakarta. 
 
"Mereka nanti akan disebar di tiga kodam tersebut, masing-masing Kodim ada yang 20 ada yang 50, bervariasi sesuai dengan kebutuhan kodim induknya nanti," papas Asiter.
 
Penugasan personil dalam program ini, lanjut Asiter, dirancang untuk selama satu tahun, pada tahun 2020 nanti diadakan pergantian, kecuali satuan yang dibentuk tersebut nantinya sudah dapat mandiri maka tidak akan ditambah lagi.
 
Asiter juga mengatakan, bagi anggota yang nantinya bersedia menjadi anggota organik di sana, sebagai rewardnya, mereka akan diberikan kenaikan pangkat satu tingkat. "Mereka juga akan diberi kesempatan kenaikan pangkat bagi yang bersedia menjadi organik di sana," ujarnya.
 
Sementara itu Danrem 163/Wira Satya Kolonel Arh A.M.Suharyadi, S.I.P., M.Si., yang memimpin upacara pelepasan tersebut, didampingi oleh Kasrem, Para Dandim Jajaran Para Kasi serta Para Komandan/Kepala Balak Aju Korem 163/Wira Satya, mengatakan personel yang berjumlah 23 orang tersebut, 13 personil penugasan ke Kodam XVII/Cendrawasih di bawah pimpinan Mayor Inf Ngakan Made Marjana, S.Pd., sementara sejumlah 10 personel lainnya menuju penugasan ke  Kodam XVIII/Kasuari di bawah pimpinan Kapten Caj I Ketut Teken.
 
Dalam amanatnya, Danrem berpesan bagi personil yang melaksanakan penugasan di satuan-satuan komando kewilayahan yang baru dibentuk tersebut merupakan pioner atau personil-personil yang dipercaya oleh TNI Angkatan Darat dalam melakukan rintisan dan tugas-tugas teritorial atau tugas kewilayahan.
 
"Tugas adalah kehormatan dan kepercayaan selanjutnya pastikan tugas yang  diemban dapat terlaksana dengan baik dan berhasil", pesan Danrem.
 
Sebelum upacara pemberangkatan seluruh personel Satgas Teritorial Korem 163/Wira Satya tersebut mendapatkan pembekalan dari Kepala Staf dan Para Kasi Korem 163/Wira Satya. Mereka kemudian diberangkatkan ke Jayapura Papua menggunakan penerbangan komersil dari Bandara Internasional Ngurah Rai,  Badung, Bali. (Adhi)

Komentar