Wagub Tjok Ace Harapkan Kemanunggalan TNI dengan Masyarakat Percepat Pembangunan Desa

  • 10 Juli 2019
  • 13:12 WITA

Balitopnews.com, Klungkung

Dalam upaya pemberdayaan masyarakat sekaligus membangun keswadayaan masyarakat dalam pembangunan, TNI manunggal membangun desa kembali dilaksanakan untuk yang ke -105 tahun 2019.

Keterlibatan TNI dalam pembangunan di Desa pada hakikatnya merupakan bentuk nyata bahwa kemanunggalan TNI dengan masyarakat akan mempercepat pembangunan di desa, sebagaimana yang tertuang dalam butir ke-3 NAWACITA, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. 

Hal ini disampaikan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam sambutannya saat memimpin apel pembukaan TMMD ke-105 tahun 2019 di Desa Nyanglan, Kecamatan Banjarangkan-Klungkung, Rabu pagi (10 Juli 2019).

Lebih lanjut Cok Ace mengatakan, bahwa Revolusi mental harus kita maknai sebagai suatu gerakan fundamental baik cara pandang, cara pikir dan cara kerja segenap elemen mulai dari pemerintah, TNI dan seluruh masyarakat. Sedangkan etos kerja harus tercermin dari sikap masyarakat yang kerja keras, kerja cerdas, kerja kualitas, kerja ikhlas dan kerja tuntas. Sedangkan untuk gotong royong digambarkan sebagai sebuah aktivitas yang mengedepankan kerjasama, solidaritas antara sesama, berorientasi pada kepentingan orang banyak.

TNI manunggal membangun desa kali ini akan menyasar pembenahan jalan sepanjang 8 Km dengan lebar 2 M, serta dilakukan juga satu (1) bedah rumah dari warga yang tempat tinggalnya sudah tidak layak.

Melalui kegiatan TMMD ke-105 ini, Tjok Ace berharap agar mampu membangkitkan semangat dalam memicu dan memotivasi untuk memberdayakan masyarakat sebagai subyek pembangunan di masa depan.

Sementara itu, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta mengatakan pelaksanaan TMMD ini sangat membantu pemerintah, sehingga ke depannya kerja sama dan gotong royong ini diharapkan akan terus terjalin, dengan tujuan terwujudnya kesejahteraan masyarakat.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta, dan segenap jajaran TNI mulai dari Kepala Staf Resort Militer. (Balitopnews.com / Amo Bali )

Komentar