Aplikasikan Program Kementrian PPPA, Siswa SMPN 1 Tabanan Belajar di Luar Kelas

Balitopnews.com, Tabanan

Menindaklanjuti program Kementrian Pemberdayaan Perempuan dan  Perlindungan Anak bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai implementasi kepedulian terhadap anak dengan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman., SMPN 1 Tabanan menggelar belajar di luar kelas pada Kamis ( 7 November 2019).

Kegiatan belajar di luar kelas yang diisi dengan pelaksanaan 3 S, Senyum Salam dan Sapa yang dilakukan guru dan murid, juga menyanyikan lagi Indonesia Raya. Hal itu diungkapkan Kepala SMPN 1 Tabanan Wayan Widarsa.

Dikatakanya, ada sejumlah kegiatan belajar diluar kelas dikakukan guru dan siswa utamanya untuk membentuk karakter siswa menjadi baik. Diantaranya

diawali dengan guru dan siswa melaksanakan 3 S, senyum, salam dan sapa. Kemudian sembahyang bersama dan menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Lalu sebagai bentuk kegiatan pendidikan karakter siswa diarahkan untuk mencuci tangan sebelum makan, serta membersihkan lingkungan setelah selesai makan. Ada pula kegiatan membaca bersama sebagai bentuk kepedulian literasi, dan ada juga melakukan kegiatan permainan tradisional. "Jadi ada macam kegiatan yang kami gelar terkait sehari belajar diluar kelas," ungkapnya.

Dikatakan tujuan dari belajar sehari diluar kelas arahnya ke pembangunan karakter siswa. Dengan kegiatan ini siswa akan belajar peduli dengan lingkungan dan mampu menumbuhkan semangat gotong royong. "Bahkan dengan kegiatan ini sebagai implementasi kepedulian terhadap anak dengan menciptakan lingkungan sekolah yang nyaman," ujar Widarsa.

Menurut Widarsa kegiatan belajar diluar kelas ini tidak menganggu jam belajar yang sudah terjadwal. Bahkan usai melakukan belajar diluar kelas itu SMPN 1 Tabanan juga lakukan deklarasi sekolah ramah anak. "Yang jelas kami di SMPN 1 Tabanan telah melaksanakan kegiatan belajar diluar kelas, dan mudah-mudahan berdampak pada talenta dan bakat siswa," jelasnya. (Balitopnews.com/MD)


TAGS :

Komentar