JICA Cek Listarik di WBD Jatiluwih, Kemudian Silahturahmi Ke Bupati Tabanan

  • 22 Oktober 2017
  • 19:57 WITA
  • News

RedRiceBalinews.com
JICA ( Japan International Cooperation Agency ) mengecek proyek pembangkit listrik tenaga mikro hidro ( PLTMH) atau pembangkit listrik tenaga air) di Warisan Budaya Dunia Jatiluwih,  Kecamatan Penebel, Tabanan.

Usai mengecek proyek yang merupakan kerjasama antara pemerintah kabupaten Tabanan, Bali dengan pemerintah Toyama, Jepang, rombongan JICA yang dipimpin oleh Naoki Ando bersilahturahmi dengan Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti di kediamanya Banjar Tegeh, Desa Angsri, Kecamatan Baturiti, Tabanan, Jumat (20/10/2017).  
Dalam silaturahmi tersebut, Bupati Eka didampingi Sekda Kabupaten Tabanan I Nyoman Wirna Ariwangsa, Asisten II Sekda Kabupaten Tabanan I Wayan Miarsana dan Kadis Pertanian Kabupaten Tabanan I Nyoman Budana.
 
”Saya tahu Tabanan dengan Toyama bekerja sama dalam proyek pembangkit listrik tenaga air. Jadi tadi saya sekalian melihat sejauh mana progres perkembangan proyek itu dan sekalian ingin bersilaturahmi dengan ibu Bupati, ”ujar pimpinan rombongan Naoki Ando
 
Naoki Ando juga mengungkapkan  ketertarikan akan kecantikan, keindahan alam dan budaya Bali. Sehingga dia merasa terpanggil untuk ikut melestarikan dan berpartisipasi  dalam pembangunan di Bali khususnya Kabupaten Tabanan. “Melihat Bali ini sangat cantik alam maupun budayanya, kami merasa terpanggil untuk ikut melestarikan dan juga membangun bali itu sendiri. Kami lebih tertarik ada proyek- proyek itu di Bali,“ungkapnya.
Ditambahkan Kabupaten Tabanan memiliki sawah yang indah dan airnya yang  juga bersih. Menurutnya hal itu sama dengan air dan sawah yang ada di Kota Toyama Jepang. “karena kita tahu di Tabanan, sawahnya indah, airnya juga bersih dan juga bisa membangkitkan tenaga listrik. itu listrik yang ramah energi. Kami JICA mendukung sekali,  karena Tabanan dengan Toyama mempunyai kemiripan,”ucapnya.
Dalam silaturahmi tersebut, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti mengucapkan selamat datang, selamat menikmati keindahan alam dan budaya Tabanan dan Bali pada umumnya. Bupati Eka, juga mengucapkan terima kasih kepada pihak JICA, Negara Jepang dalam hal ini Pemerintah Kota Toyama karena telah membantu dalam pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro di Desa Jatiluwih Penebel dan berharap kerja sama yang telah terbangun  selama ini dapat terus berlanjut, tidak hanya untuk Kabupaten Tabanan, tapi juga untuk Bali.“Proyek Pembangkit listrik Tenaga Mikro Hidro ini adalah ramah lingkungan, semoga kerja sama ini terus berlanjut. Sehingga keasrian alam tetap terjaga. Keasrian Tabanan dan Keasrian Bali, “ jelasnya. RRBNC


TAGS :

Komentar