Sengker Gumi Juga Sapu Bersih Sampah Plastik dalam Pemelastian KAPG

  • 29 Januari 2020
  • 00:00 WITA
  • News

Balitopnews.com, TABANAN - Prosesi pemelastian serangkaian Karya Agung Pengurip Gumi yang berlangsung mulai hari ini hingga 1 Februari 2020 mendapat respon tinggi dari berbagai kalangan. Umat pun ikut menyukseskannya dengan caranya masing-masing.

Salah satu bentuk ngayah untuk menyukseskan pemelastian KAPG ini adalah dengan gerakan sapu bersih sampah plastik. Aktivitas tersebut dilakukan oleh sedikitnya 25 orang remaja yang tergabung dalam wadah Sengker Gumi.

Koordinator Sengker Gumi I Nyoman Sudirta, Rabu (29 January 2020) mengatakan ide untuk ngayah membersihkan sampah plastik ini bermula dari kenyataan bahwa masih lemahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. Sementara, prosesi melasti KAPG ini melibatkan puluhan ribu umat serta dalam kondisi cuaca yang cukup panas.

Bisa dipastikan lanjutnya, dalam kondisi tersebut kebutuhan minum sangat tinggi dan mengkonsumsi air mineral menjadi alternatif. Ia juga melihat kecendrungan umat belum terbiasa membawa botol minum sendiri. Sementara, mengkonsumsi air mineral kemasan menimbulkan sampah.

"Terhadap kondisi tersebut, kami memilih ngayah membersihkan sampah plastik. Khususnya sampah plastik dari kemasan air mineral," ungkapnya.

Rute pembersihan sampah plastik dari Komunitas Sengker Gumi ini disebutkannya mengikuti rute pemelastian Ida Bethara Besi Kalung yakni Pura Besi Kalung-Segara Tanah Lot- Pura Besi Kalung. Ditambahkannya, pada hari pertama pemelastian ini, Ida Bethara Besi Kalung dan Ida Bethara Petali bertemu iring-iringan Ida Bethara Batukau di pertigaan Buruan untuk selanjutnya bersama-sama menuju Segara Tanah Lot dan simpang dibeberapa pura dan marerepan di Pura Puseh Desa Adat Kota Tabanan.

Terkait dengan ngayah sapu bersih sampah plastik ini, Sudirta yang juga duduk sebagai Ketua Dewan Daerah Walhi Bali menyebutkan timnya mengambil posisi paling terakhir dari iring-iringan pemelastian. (Balitopnews.com/ngr)


TAGS :

Komentar