Gubernur Bali Wayan Koster Dukung Kerjasama Sister City dengan Walikota Misato Jepang

  • 09 Februari 2020
  • 19:02 WITA
  • News

Balitopnews.com, DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster menerima kunjungan Walikota Misato, Jepang Takashi Kado di Rumah Dinas Jaya Sabha,  Denpasar, Senin ( 10 February 2020). Pada kesempatan itu Gubernur Bali Wayan Koste berharap  kerjasama yang selama ini telah terjalin antara Kota Misato dan Desa Mas Ubud Bali lebih ditingkatkan lagi.

Walikota Takashi Kado mengungkapkan jika hubungan antara Indonesia dengan Jepang sangat dekat. Dikatakanya,  di Bali telah terjalin kerjasama Sister City antara Kota Misato dengan Desa Mas Ubud Gianyar. “ Kerjasama yang terjalin dimana muda-mudi Desa Mas dikirim ke Jepang untuk bekerja dan belajar. Begitujuga dengan Warga Jepang dikirim ke Desa Mas,” jelasnya. Ia pub berharap agar kerjasama yang baik ini bisa terus dilanjutkan. Takashi Kado menambahkan di Kota Misato akan dikembangkan pariwisata dengan sejumlah fasilitas seperti hotel. Ia berharap Bali bisa mengirim tenaga kerja di bidang pariwisata  ke Misato. Begitujuga bisa saling  belajar  kebudayaan dan pendidikan antara Bali dan Misato.

“Di daerah saya penduduknya sangat sedikit, Saya harap Desa Mas atau warga Bali bisa tinggal atau belajar disana. Tahun ini ada dua orang yang belajar pertanian Misato,” tambahnya.

Dijelaskanya,  dulu penduduk Misato banyak, sekarang berkurang karena banyak yang  keluar kota. “Mereka bekerja keluar dan tidak balik lagi. Kalau bisa warga bali bisa datang atau tinggal di Misato. Kota Misato mengembangkan bidang kesehatan, pertanian dan pariwisata,” tandasnya. Takasi Kado menambahkan, suasana di kota Misato  mendekati seperti Ubud. “ Saya berharap kalau bisa ada seperti ubud di kota saya. Saya melihat keindahan ubud dipinggir sungai sangat luar biasa penataannya. Saya sudah sering ke ubud,” tambahnya.  Di Misato juga ada pura yang terkenal namanya Pura Kagura. “Ada kesamaan antara Misato dengan Bali dan saya menemukan kebudayaan saya sendiri di Bali,” ujarnya.  Sejak menjabat sebagai walikota Misato, di kantornya dilengkapi ukiran Bali dan selama ia menjabat akan membuat sesuatu tentang Bali di Misato.

Menurut Takasi Kado, Bali sangat menakjubkan yang menarik baginya adalah kebudayaan Bali,banyak ada pura dan masyarakatnya saling menghormati. “Saya melihat saja sudah sangat puas. Tarian dan musik dan seni sangat menyentuh bagi saya. Dan saya berharap kedepan antara Bali dan Misato menjadi sejarah. Orang-orang di Misato bisa mengenal Bali walaupun belum pernah datang ke Bali,”pungkasnya.

Menanggapi hal ini, Gubernur Bali mengucapkan terimakasih atas kedatangan dan kunjungan Walikota Misato ke Bali. Ia mengapresiasi kerjasama yang telah terjalin selama ini khususnya kerjasama dengan Desa Mas. Gubernur Koster mendorong agar kerjasama bisa terus ditingkatkan dan Pemerintah Provinsi Bali siap mendukung serta menfasilitasinya. Gubernur Koster mengatakan jika Bali dan Jepang memiliki kemiripan atau kesamaan dalam sisi kebudayaannya.

“Terimakasih atas kunjungannya. Kerjasama yang sudah dibangun cukup lama sudah berjalan dengan baik. Kerjasama yang sangat bermanfaat untuk masyarakat Bali terutama untuk Desa Mas. Kami sangat mendukung kerjasama ini,” jelas Gubernur Koster.

Pemerintah Provinsi Bali kata Gubenur Koster terus mendorong kerjasama yang baik ini. Dan siap untuk terus menjalin kerjasama. Desa Mas memiliki potensi wisata yang sangat bagus. Pertanian dan bidang budaya bisa terjalin kerjasama dengan baik.

“Kebudayaan  Bali dan Jepang memilii banyak kesamaan. Kita akan adakan Bali World Culture Celebration pada November. Saya harap kota Misato bisa ikut berpartisipasi pada acara ini,” pungkas Gubernur Koster. (Balitopnews.com/md/rls)


TAGS :

Komentar