Pemeriksaan Administrasi Calon Anggota Polri  Libatkan Pewarta Dan Ombudsman

  • 03 Juli 2020
  • 17:07 WITA
  • News

TABANAN, Balitopnews.com - Pemeriksaan administrasi awal Rim Akpol dan Tamtama 2020 yang digelar Mapolres Tabanan melibatkan pengawas external yakni dari Pewarta (Persatuan Wartawan Tabanan) dan Ombudsman perwakilan Bali, Jumat (3 Juli 2020).



 

Sebanyak 19 peserta calon akpol dan tamtama menjalani pemeriksaan admistrasi, tinggi dan berat badan yang berlangsung dari pukul 08.15 Wita sampai pukul 12.15 Wita. 

 

Dari 19 peserta, 2 orang peserta dinyatakan tidak memenuhi syarat . Masing masing karena tinggi badan yang kurang dari 165 cm dan nilai rata rata ijasah dibawah 6.00. 

 

Ketua Pewarta Tabanan Donny Darmawan mengapresiasi langkah Polres Tabanan yang melibatkan pengawas external dalam rekrutmen calon anggota Polisi. "Ini merupakan salah satu keterbukaan informasi dalam hal penerimaan calon anggota polisi," terangnya. Dari semua tahapan pemeriksaan administrasi, ukur tinggi badan, dan timbang berat badan semua berjalan sesuai dengan prosedur dan tidak ada yang menyimpang. 

 

Sementara itu Ombudsman perwakilan Bali I B Oka Mahendra mengatakan pelaksanaan pemeriksaan administrasi, ukur tinggi dan berat badan Sudan berjalan dengan baik. Ia bersama Tim pengawas eksternal, dan panitia penerimaan calon anggota polri telah memutuskan dari 19 yang hadir dan mengikuti pemeriksaan, 2 orang dinyatakan tidak memenuhi syarat. Karena tinggi yang kurang dan nilai ijasah dibawah rata rata.

 

Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy P.S. Siregar, S. I. K., M.H. menjelaskan tujuan dilibatkanya pengawas eksternal adalah

mengawasi pelaksanaan ujian/pemeriksaan, namun tidak dilibatkan dalam memutuskan kelulusan dan apabila terdapat/menemukan permasalahan agar menginformasikan kepada panitia. " Tujuan lainya adalah memberikan keseimbangan pengawasan dari dalam (Was in) dan dari luar (Was Eks) guna mewujudkan transparansi publik, " jelasnya. 



 

Untuk Polres Tabanan jumlah peserta terdaftar sebanyak 19 orang, dengan perincian : Pendaftar Akpol 14 orang calon, Pendaftar Tamtama Brimob 4 orang calon dan 1 orang pendaftar calon Tamtama Pol Air. (Md)


TAGS :

Komentar