Jaya-Wira Didukung Musisi Tabanan Bangkitkan Ruang Ekspresi Jadikan Tabanan Rumah Musik 

  • 24 Oktober 2020
  • 16:10 WITA
  • News

TABANAN, Balitopnews.com - Kabupaten Tabanan selain memiliki sumber alam yang subur nan indah, juga memiliki  sumber daya manusia yang unggul. 

 

Terbukti seniman seniman hebat lahir di daerah yang dijuluki lumbung berasnya bali ini. Seperti seniman tari I Ketut Mario, namanya melanglang buana seantero dunia. Ada juga seniman patung I Nyoman Nuarta penggagas dan pembuat patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). 

 

Tabanan juga sejatinya memiliki musisi musisi kondang yang banyak berkiprah di Tabanan maupun di luar Tabanan.  Para musisi ini diajak oleh I Komang Gede Sanjaya ( Jaya-Wira) "pulang" ke rumah membangkitkan ruang ekspresi menjadikan Tabanan Rumah Musik. 

 

Hal itu diungkapkan I Komang Gede Sanjaya calon bupati Tabanan dihadapan sekitar 30 musisi Tabanan, di Sawira  Tabanan, Sabtu (24 Oktober 2020). 

 

" Saya hadir memberikan ruang waktu dan  panggung. Sehingga musisi hebat di Tabanan pulang kampung bangun identitas di Tabanan. Cita cita bersama menjadikan rumah musik di Tabanan bisa terwujud dan musisi Tabanan bisa berekpresi di rumah sendiri, " tandas Sanjaya. 

 

Untuk program kedepan, pihaknya telah mempersiapkan dengan matang. Pertama dengan membangun inprastruktur seperti merenovasi Gedeng Kesenian I Ketut Mario, 

di sebelah timurnya ada Taman Bung Karno dan open stage Garuda Wisnu Serasi ( GWS), sedangkan di sebelah selatanya telah dibangun Museum Sagung Wah. 

" Tempat berekpresi sudah kami siapkan seperti panggung terbuka Garuda Wisnu Serasi, Gedung Kesenian I Ketut Mario yang nantinya setiap akhir pekan Jumat, Sabtu dan Minggu kita tampilkan musisi musisi dan seniman seniman Tabanan. Sehingga para musisi ada tempat berekpresi, dan Kota Tabanan menjadi lebih hidup. Kita juga bangkitkan car free night untuk menampung kreatifitas seniman dan musisi Tabanan baik yang legend maupun seniman musisi  milenial, " jelasnya. 

 

Perwakilan musisi Tabanan I  Gede  Putu  Yudi Satria Utama mengatakan Musisi Tabanan sejauh ini kurang komunikasi padalah banyak semiman besar lahir di Tabanan. Namun kiprah I Komang Gede Sanjaya terhadap dunia seni termasuk musisi sudah terbuktiterbukti nyata. " Setiap even atau pagelaran Bapak Sanjaya selalu mensupport, " jelasnya. Bangunan GWS dan renovasi GK I Ketut Mario yang dikoordinir oleh  Sanjaya adalah konsepnya untuk memberikan ruang seluas luasnya bagi para seniman musisi untuk berekpresi. " Komunikasi ini hanya bisa dilakukan oleh Bapak I Komang Gede Sanjaya .  Seniman jni  paling susah diajak.  Tapi sekarang bersatu dukung Sanjaya artinya ikatan batin hati mereka dan begitu yakin Pak Sanjaya akan bisa memfasilitasi itu semua. Dan jelas tersirat dan tersurat dalam program Pak Sanjaya apabila terpilih menjadi Bupati Tabanan, " tegasnya. (Md) 


TAGS :

Komentar