TNI-Polri Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Kelanting

  • 09 April 2021
  • 19:04 WITA
  • News
TNI-Polri Bersama Masyarakat Bersihkan Pantai Kelanting, Jumat 9 April 2021

TABANAN, Balitopnews.com - Kodim 1619/Tabanan menginisiasi  penyelenggaraan kegiatan Karya Bakti Pembersihan Pantai di wilayah Kabupaten Tabanan. 

 

Kegiatan pembersihan pantai kali ini menyasar area Pantai Kelanting, Desa Kelanting, Kecamatan Kerambitan, Tabanan, Jumat (9 April 2021), dengan melibatkan sejumlah 451 peserta yang terdiri dari unsur Kodim 1619/Jembrana, Polres Tabanan, Rindam IX/Udayana, TNI AL Pos Yeh Gangga, BNPB Kabupaten Tabanan, Dinas Kebersihan Dan Lingkungan Hidup Pemkab Tabanan, Aparat Kecamatan  Kelanting, FKPPI, LDII Kabupaten Tabanan, Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1619/Tabanan, Trash Hero Chapter, Aparat Desa Kelanting serta warga masyarakat setempat. 

 

Dandim 1619/Tabanan Letkol Inf Toni Sri Hartanto memimpin langsung karya bakti ini bersama Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, S.I.K., M.H. dengan didampingi oleh Para Perwira Staf dan Danramil Kerambitan. 

 

Pada kesempatan tersebut Dandim 1619/Jembrana menyampaikan terima kasih dan apresiasinya atas  kehadiran seluruh peserta dalam jumlah signifikan 451  orang untuk bersama-sama dalam rangka membersihkan area Pantai Kelanting. 

 

"Kami mengapresiasi semangat dan antusias aparat bersama warga masyarakat pada kegiatan karya bakti pembersihan kali ini dengan area sasaran di Pantai Kelanting", kata Dandim. 

 

Hal ini menunjukan kita semua memiliki satu tekad yang sama untuk dapat menjaga kebersihan Pantai utamanya dari sampah-sampah organik maupun anorganik. Sampah anorganik seperti sampah plastik tentu akan sangat berbahaya bagi kelestarian pantai dan laut. Pantai dan lingkungannya harus tetap terjaga karena seperti kita ketahui untuk di Bali, pantai merupakan obyek wisata yang sangat dikunjungi warga sekaligus sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan Agama Hindu di waktu-waktu tertentu bila ada acara keagamaan. 

 

"Mari kita bersihkan pantai kita dengan semangat dan bergembira, sampah organik dikumpulkan di pinggir pantai, tidak ada bakar sampah, sementara sampah anorganik kita pungut, kumpulkan di truk dan nantinya dibuang di tempat pembuangan akhir atau TPA", jelas Dandim Hartanto yang berharap kegiatan ini bisa terlaksana secara rutin melalui pelaksanaan Jumat Bersih. 

 

Senada, Kapolres Tabanan AKBP Mariochristy Panca Sakti Siregar, S.I.K., M.H., mengajak semuanya untuk mengantisipasi terjadinya wabah karena sampah, untuk itu dirinya mengajak semua pihak untuk rajin-rajin membersihkan pantai. 

 

Sampah yang ada di pantai tidak semata-mata merupakan hasil sampah setempat tetapi juga merupakan sampah kiriman  yang dibawa oleh air sungai yang bermuara di pantai. (Md) 


TAGS :

Komentar