Dukung SKB PHDI dan Majelis Desa Adat, FKHB Pasang Spanduk di Salah Satu Ashram Iskcon

, FKHB Pasang Spanduk di Salah Satu Ashram Iskcon

 

DENPASAR, Balitopnews.com - Massa dari Forum Koordinasi Hindu Bali (FKHB) memasang spanduk di salah satu Ashram Iskcon di Jalan Tukad Balian Denpasar, Jumat (7 Mei 2021).

Aksi yang berlangsung tertib ini untuk mendukung Surat Keputusan Bersama (SKB) PHDI dan MDA Bali yang melarang dan menolak Sampradaya yang tidak sesuai dengan Dresta Bali dan siap mendukung Desa Adat  menutup Ashram Sampradaya non Dresta Bali.

Ketua Forum Koordinasi Hindu Bali
Wayan Bagiarta Negara mengatakan sebelum aksi pemasangan spanduk, pihaknya menggelar deklarasi mendukung 
SKB PHDI dan MDA Bali yang melarang dan menolak Sampradaya yang tidak sesuai dengan Dresta Bali bertempat di Sekretariat Perguruan Sandhi Murti Jalan Tukad Citarum Denpasar.

Sementara itu Pini Sepuh Perguruan Sandhi Murti, I Gusti Ngurah Artha mengatakan pihaknya ingin menjaga budaya dan tradisi Bali agar tidak dirong-rong dan diperlakukan sewenang-wenang oleh kelompok Sampradaya serta elemen Sampradaya lainnya seperti Majelis Ketahanan Bali Nusantara.

"Kita tidak ingin kena tipu-tipu seperti jaman Belanda dahulu, bendera Belanda dikatakan bagian dari Tri Murti, Brahma,Wisnu,Siwa. Orang Bali terlena dan dibiarkan Belanda berkeliaran, dan dibiarkan kita terjajah. Kita tidak ingin hal seperti itu terulang lagi. Kita memperkuat SKB MDA dan Parisadha, ini yang kita dukung," jelasnya.

Sementara itu, salah satu penghuni Ashram yang tidak mau disebut namanya menyatakan dirinya tidak punya otoritas untuk menyampaikan tanggapan, agar tidak terjadi salah komunikasi.(gix)


TAGS :

Komentar