PIB Kembali Dampingi Desa Wisata Bongan, Pasca Sukses Meraih Juara Harapan II Tingkat Nasional sebagai Perguruan Tinggi Terbaik Pendamping Desa Wisata

Rapat bersama antara Desa Wisata Bongan, Pokdarwis, dengan  PIB, yang digelar di kantor Desa Bongan, Kecamatan Tabanan,  Tabanan, Bali, Rabu ( 12 Mei 2021)..

TABANAN, Balitopnews.com - Politeknik Internasional Bali (PIB) kembali memilih Desa Wisata Bongan sebagai objek pendampingan setelah sebelumnya sukses meraih juara harapan II tingkat nasional sebagai Perguruan Tinggi Terbaik Pendamping Desa Wisata. 

 

Pendampingan secara berkelanjutan tersebut diawali dengan rapat bersama antara Desa Wisata Bongan, Pokdarwis, dengan  PIB, yang digelar di kantor Desa Bongan, Kecamatan Tabanan,  Tabanan, Bali, Rabu ( 12 Mei 2021)..

 

Ketua Desa Wisata Bongan Wayan Suarsa menyambut baik tawaran kerjasama dari PIB, apalagi sebelumnya PIB telah memilih Desa Wisata Bongan sebagai objek pendampingan Desa wisata tahun 2020. "Kami menyambut baik kerjasama ini, apalagi Desa Wisata Bongan yang pada November 2018  resmi mendapatkan SK dari Bupati Tabanan, jadi kami ibarat bayi yang baru berumur sekitar 2,5 tahun, " tandasnya. GM salah satu hotel di Bali ini berharap kerjasama ini terus berlajut dan menguntungkan kedua belah pihak. "Intinya kami mengucapkan terimakasih kepada pihak PIB, " tandasnya saat membuka pertemuan rapat tersebut. 

 

Perbekel Desa Bongan, I Ketut Sukarta juga mengatakan hal senada. Ia lebih menekankan kerjasama PIB dan Desa Wisata Bongan mampu meningkatkan sumber daya manusia khususnya SDM yang ada di Desa Wisata Bongan. " Kami juga memiliki potensi potensi lain yang bisa dikembangkan guna menambah objek yang kita miliki seperti objek wisata grembengan, penangkaran burung jalak Bali dan situs Kebo Iwa. Kami minta pendampingan dari PIB agar potensi lainya bisa terangkat, "jelasnya. 

 

Senada dengan Perbekel, Ketua BPD Desa Bongan Wayan Sumerta berharap kerjasama antara PIB dengan Desa Wisata Bongan tidak berhenti sampai disini. Ada tindak lanjut dari semua yang dilakukan saat ini sehingga kedepan semuanya memiliki nilai yang bermuara pada tingkat kesejahteraan masyarakat Bongan. Begitu juga untuk Desa Wisata Bongan diharapkan mampu mencetuskan ide ide baru yang nantinya dibuatkan semacam proposal dan disampaikan ke Desa. " Kami sifatnya menyetujui apabila ide gagasan tersebut sesuai dengan ketentuan dan porsi anggaran mencukupi, ' tandasnya. 

 

Sementara itu Dinar Sukma Pramesti,S.T.,M.T ketua LPPM Politeknik Internasional Bali menjelaskan pihaknya kembali memilih Desa Wisata Bongan dalam program Pengembangan SDM Desa Wisata Melalui Pendampingan karena sudah pernah  mendampingi Desa Wisata Bongan.  " Awalnya Desa yang direferensikan kepada kami Desa Nyambu, Desa Jatiluwih, Desa Pinge. Tapi pimpinan kami memilih Desa Wisata Bongan untuk program pendampingan kami ini, " terangnya. 

 

Dikatanya, pendampingan PIB kali ini lebih menekankan pada persiapan Desa Wisata Bongan untuk pengembangan Home Stay, Kuliner, Handicraf dan Peningkatan SDM Agen Promosi Desa Wisata dan Tour Guide.

 

"Pendampingan akan dilaksanakan selama 2 (dua) bulan dimulai dari Bulan Juni sampai dengan Bulan Juli 2021. Pendampingan ini juga sebagai amanat dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) agar Desa Wisata menjadi Mandiri. Dan nantinya setelah pendampingan selesai akan dikunjungi oleh Kemenparekraf, " pungkasnya. (Md) 


TAGS :

Komentar