SMK Pandawa Bali Global Abiansemal “Sayap”  ITB STIKOM Bali  Tetap Eksis dan Bertumbuh Meski di Massa Pandemi 

  • 07 Juli 2021
  • 20:07 WITA
  • News
Hery Nugroho yang didampingi Putu Eka Aryuda selaku Kepala Lab Komputer dan I Wayan Sastrawan Kepala Lab Pariwisata serta beberapa siswanya


BADUNG,Balitopnews.com – SMK Pandawa Bali Global Abiansemal yang beralamat di Jala Janger, Abiansemal – Dauh Yeh Cani, Kabupaten Badung, Bali merupakan salah satu SMK di bawah naungan ITB STIKOM Bali. 
Cikal bakal SMK Pandawa Bali Global Abiansemal  yang merupakan  salah satu SMK tertua di Abiansemal adalah SMEA Pandawa yang didirikan Yayasan Pandawa tanggal 11 Januari 1971 silam.
Seiring waktu dan perkembangan jaman, di tahun 2018 SMK Pandawa menjalin kerjasama dan berkolaborasi dengan ITB STIKOM Bali dan grup. Kerjasama itu berlanjut dengan peresmian  kolaborasi antara SMK Pandawa Bali Global Abiansemal dengan ITB STIKOM Bali pada tanggal 26 Januari 2019.  “Kerjasama ini merupakan langkah awal untuk meningkatakan kualitas pendidikan siswa siswi SMK Pandawa Bali Global Abiansemal serta melahirkan dan mencetak sumber daya manusia yang memiliki kompetensi skill berkualitas, produktif, dapat bersaing di dunia kerja dan mampu menjadi wirausahawan muda,” jelas Hery Nugroho S.Pd., M.Pd  selaku Humas dan Kerjasama SMK Pandawa Bali Global Abiansemal, Badung, Rabu ( 7 Juli 2021)

Hery Nugroho yang didampingi Putu Eka Aryuda selaku Kepala Lab Komputer dan I Wayan Sastrawan Kepala Lab Pariwisata, menambahkan  meski di masa pandemi Covid -19 , SMK Pandawa Bali Global tetap eksis. Itu berkat naungan dari ITB STIKOM Bali yang memberikan pendampingan   terutama di bidang pembelajaran daring khususya E-learning. “Karena kami berada di bawah naungan ITB STIKOM Bali, kami disupport dan dibuatkan e-learning oleh ITB STIKOM Bali dengan metode edukasi enternaiment, pembelajaran dengan audio visual yang menarik,” jelasnya. 

Termasuk dengan metodelogi praktikum, yang disajikan secara visual berbentuk video yang kemudian dibagikan ke anak didik. Serta diunggah di Youtube sekolah sehingga tidak mengurangi kualitas pembelajaran meskipun dilakukan secara daring. 

Senada disampaikan oleh I Wayan Sastrawan Kepala Lab Pariwisata, pembelajaran daring khususnya  tata boga dibuat tutorial video beberapa produk makanan yang disajikan secara digital. “Mereka praktek sendiri di rumah dengan tutorial yang kami berikan, anak anak mampu menyerapnya dengan maskimal dan tidak mengurangi kualitas  dibadingkan dengan pembelajaran tatap muka,” pungkasnya. 

Bertumbuhnya “sayap sayap” ITB STIKOM Bali di daerah seperti SMK Pandawa Bali Global Abiasemal dibuktikan dengan jumlah siswa baru yang mendaftar tahun pelajaran 2021/2021 sebanyak 280 siswa baru. “Ini menjadi motivasi kami untuk terus menciptakan trobosan terobosan di tengah pademi Covid-19 sehingga mampu meraih simpati masyarakat baik di Abiansemal secara khusus dan Badung secara umum,” tandasnya. 

Ditambahkanya, status SMK Pandawa Bali Global Abiansemal  saat ini  Terakreditasi B dengan tujuh kompetensi keahlian. Diantaranya, Akuntansi, Akomodasi Perhotelan, Multimedia, Teknik Komputer Jaringan, Tata Boga, Tata Rias, dan Tata Busana. ( Md)


TAGS :

Komentar