Denpasar Akan Aktifikan Kembali Dapur Umum Gotong-Royong, Semua Pihak Bisa Berkontribusi

  • 30 Juli 2021
  • 16:07 WITA
  • News
Dapur umum gotong royong Kota Denpasar berlokasi di Jaba Paon Kaliasem Denpasar

DENPASAR, Balitopnews.com - Pemkot Denpasar akan mengaktifkan kembali Dapur Umum Gotong Royong untuk membantu ketahanan pangan di masa pandemi covid-19. Di dapur umum ini memberikan ruang bagi masyarakat, kelompok masyarakat, maupun perseorangan untuk berkontribusi.

Kabag Kerjasama Setda Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Jumat (30 Juli 2021) mengatakan pengaktifan dapur umum ini karena kebencanaan dalam bentuk pandemi Covid-19 sampai sekarang belum usai. 
 
“Penyelenggaraan dapur umum gotong royong Kota Denpasar berlokasi di Jaba Paon Kaliasem Denpasar dibentuk untuk membantu kesiapsiagaan ketahanan pangan di masa pandemi Covid-19,dan dalam waktu dekat akan dilaunching secara simbolis,” katanya.

Ia menjelaskan, di dapur umum ini ketersediaan pangan dalam jumlah yang cukup dengan kualitas yang baik dan sehat, bebas dari bahan-bahan yang merugikan dan dapat diterima seluruh kalangan.

“Sehari kami rancang pembagian dua kali, yakni pagi pukul 11.00 wita dan sore hari pukul 16.00 wita dengan jumlah nasi rata-rata per hari 1.000 bungkus,” ujarnya.

Laxmy menekankan, sasarannya dari program ini merupakan masyarakat yang sangat membutuhkan, utamanya bagi mereka yang sama sekali belum mendapatkan bantuan dari sumber dana manapun, melalui data dari masing-masing kecamatan serta masukan dari kelompok masyarakat atau pihak lainnya yang mengetahui keberadaan masyarakat yang perlu dibantu.

Ditambahkannya, program dapur umum gotong royong Kota Denpasar ini memberikan ruang bagi masyarakat, kelompok masyarakat, perseorangan, organisasi, perusahaan swasta, perbankan, BUMN dan BUMD untuk berkontribusi lewat donasi sebagai penerapan pola gotong royong.


“Masyarakat yang membutuhkan bantuan pangan ini dapat menginformasikan satu atau dua hari sebelumnya, baik itu secara langsung melalui dapur umum Denpasar Gotong Royong, melalui Tagana Dinas Sosial Kota denpasar dan melalui Bagian Kerja Sama Setda Kota Denpasar," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar