Kasus Pemukulan di Sidatapa Berakhir Damai, Gubernur Koster dan Pangdam Bagikan Sembako

  • 07 September 2021
  • 22:09 WITA
  • News
Kasus Pemukulan di Sidatapa Berakhir Damai

BULELENG, Balitopnews.com - Dandim 1609/Buleleng Muhammad Windra Listrianto dan Kadek Dicky Okta Andrean, asal Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng menyatakan sepakat untuk berdamai, pasca adanya kesalahpahaman pada saat Tim Satgas Covid-19 sedang melaksanakan tugas dan berujung pemukulan pada Senin, 23 Agustus 2021 lalu di Desa Sidatapa, Kecamatan Banjar, Kabupaten Buleleng.

Kesepakatan damai tersebut disampaikan saat Gubernur Bali, Wayan Koster bersama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak melakukan mediasi di Makodim 1609/Buleleng, Selasa (7 September 2021) disaksikan Bupati Buleleng, Wakil Bupati Buleleng, Ketua DPRD Buleleng, Kejari Buleleng, Kapolres Buleleng, Perbekel Desa Sidatapa, Bendesa Adat Sidatapa, dan tokoh masyarakat Desa Sidatapa. 

Dalam mediasi itu, menghasilkan Surat Kesepakatan Perdamaian dengan 3 pernyataan, yaitu : Bahwa Pihak Pertama dan Pihak Kedua sepakat untuk saling memaafkan dan berjanji tidak akan mengulangi perbuatan dimaksud, akan mencabut masing-masing laporan Polisi baik di Polres Buleleng maupun di Denpom IX/3 Denpasar, dan ditandatanganinya surat kesepakatan perdamaian ini, maka para pihak menyatakan sepakat permasalahan tersebut telah selesai dan tidak akan melakukan penuntutan hukum di kemudian hari.

"Saya meminta semua pihak mendukung upaya damai antara kedua belah pihak dengan menciptakan situasi yang kondusif dan tidak memanas-manasi, serta tidak mengadu domba para pihak, karena masalah ini sudah selesai,“ tegas Koster.

"Saya bersama Bapak Pangdam IX/Udayana, Kapolda Bali, Kejati Bali, Pengadilan Tinggi, Bupati/Walikota Se-Bali tengah bekerja keras untuk menangani pandemi Covid-19 agar semakin baik, dengan harapan segera kita bisa memulihkan kembali kepercayaan masyarakat luar terhadap Bali sebagai destinasi wisata dunia dan kehidupan masyarakat Bali segera normal kembali," sebutnya.

Sementara itu, Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak menyatakan sejak awal sudah ada harapan untuk bisa damai. 

“Buleleng ini sudah  baik mengatasi Covid-19, bahkan bisa jadi contoh dalam menghadapi Covid-19," tegas Pangdam.

Pada kesempatan itu, Gubernur Koster bersama Pangdam IX/Udayana, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak  blusukan ke Balai Banjar Delod Pura, Desa Sidatapa membagikan bantuan beras kepada masyarakat Desa Sidatapa.

Gubernur Bali tidak henti-hentinya mengimbau untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Selain itu, Gubernur Bali asal Desa Sembiran, Buleleng ini juga mengajak masyarakat untuk mengikuti program vaksinasi yang sedang digencarkan oleh Pemerintah. 

"Apabila ada warga di Desa Sidatapa yang mengalami disabilitas agar segera dilaporkan ke Perbekel, sehingga para penyandang disabilitas cepat mendapatkan vaksin Sinopharm," ujar Koster.(gix)


TAGS :

Komentar