Perhatikan Pertanian di Hilir, Wabup Tabanan Edi Wirawan Bantu Petani Pupuk Organik dan Bibit Padi di Subak Klepud

  • 08 September 2021
  • 21:09 WITA
  • News
Wakil Bupati Tabanan I Made Edi Wirawan menyerahkan pupuk organik di Subak Kelepud Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Tabanan,

TABANAN, Balitopnews.com – Sektor Pertanian menjadi program prioritas kepemimpinan Dwi Tunggal Bupati dan Wakil Bupati Tabanan Jaya-Wira. 

 

Salah satunya dibuktikan dengan membagikan pupuk organik cair dan Bibit Padi untuk Petani di Subak Klepud, Desa Dalang, Kecamatan Selemadeg Timur, Rabu ( 8 September 2021) 


 

" Banyak Masalah pertanian yang kami temui dalam sektor pertanian dalam arti luas, " jelas Edi Wirawan. 

 

Salah satunya masalah pupuk yang kerap menjadi momok petani di Tabanan. "Secara perlahan kami bantu dengan pupuk organik, yang saat ini masih dicampur dengan kimia. Kedepan harus sudah organik, " jelas Edi Wirawan. 

 

Selain bantuan pupuk, pihaknya juga memberikan bantuan benih bibit Padi varitas M 70.  " Bibit padi ini akan ditanam diareal subak kelepud, sebagai salah satu upaya edukasi kepada petani, ' tandasnya. 

 

Bantuan Pupuk dan Bibit Padi untuk sementara baru bisa di areal seluas 50 hektar dari jumlah luasan subak sekitar 132 hektar. 


 

"Bantuan ini akan kita kawal sampai akhir dan kami tidak mau setelah tanam kemudian petani ditinggalkan. Ini kita kawal betul sampai berhasil, " tegas politisi PDIP asal Desa Beraban, Kediri ini. 




 

Dalam kesempatan tersebut,  Edi meninjau langsung praktek menanam padi dengan alat tanam di subak tersebut, sembari melakukan perbincangan dengan para petani yang sedang mempraktekan alat tanam padi tersebut. Menurutnya, kedepan alat tanam padi atau alat tandur ini bisa mempermudah dan menekan biaya petani dalam menanam padi. Mengingat alat tandur ini merupakan alat mekanik transplanter yang bisa digerakan oleh satu orang seperti traktor dan orong-orong yang menanam bibit dengan jumlah kedalaman, jarak dan kondisi penanaman yang seragam.

 

Ia juga menegaskan bahwa, alat ini baru ada satu untuk percobaan di lahan seluas 50 are di Subak Klepud, Dalang, Seltim. Apabila hal ini dirasa cocok untuk diterapkan di wilayah tersebut, maka besar kemungkinan kedepannya akan diperbanyak. Untuk itu sebagai wakil pemerintah, Ia mengaku akan terus berkomitmen membantu keberadaan petani termasuk mempermudah petani dari segi tanam sampai pemasaran. “Pemerintah akan membackup masalah harga ketika panen nanti,” lanjutnya.

 

Wabup Edi juga mengaku, pemerintah akan selalu memberikan motivasi dan arahan, sehingga petani khususnya di Subak Klepud memiliki semangat dalam mengolah lahan pertanian. Dengan harapan lahan pertanian tersebut bisa tetap lestari sebagai penunjang keberadaan Kabupaten Tabanan sebagai lumbung pangannya Bali. “Pemerintah akan membackup masalah harga ketika panen nanti. Perusda (Perusahaan Daerah) juga telah dibangun oleh pemerintah dengan professional dan Saya berharap kepada Perbekel untuk Subak Klepug ini agar tetap dilestarikan,” imbuhnya.



 

Putu Ludra Pekaseh Subak Klepud mengucapkan terimakasih atas bantauan pupuk dan Bibit yang diberikan Wakil Bupati Tabanan. "Ini untuk kesekian kalinya Bapak Wakil Bupati turun ke subak kami. Atas perhatian ini kami ucapkan terimakasih, " jelas nya. 

 

Ia pun berharap bantuan ini berlanjut, sehingga kedepan Subak Klepud bisa total organik. (Md) 

 


TAGS :

Komentar