Sudah 70 Persen Hotel Bersertifikat CHSE, Denpasar Siap Sambut Wisman

  • 12 Oktober 2021
  • 14:10 WITA
  • News
Situasi di pintu kedatangan internasional bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali. Kursi ditata dengan jarak sesuai prokes Covid-19

DENPASAR, Balitopnews.com - Menyambut dibukanya penerbangan internasional ke Bali pada 14 Oktober mendatang, Pemerintah Kota Denpasar telah siap menerima kedatangan wisatawan manca negara (wisman) dengan 

penerapan  protokol CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability). 

Protokol CHSE saat ini sudah digalakkan pada akomodasi penginapan (hotel) dan kuliner (restoran) yang akan semakin memberikan keyakinan bagi wisatawan untuk berkunjung ke Bali, khususnya Kota Denpasar. 

Walikota Denpasar IGN Jaya Negara menyebut daerah Sanur sudah ditetapkan menjadi zona hijau (green zone) karena kebanyakan hotel di Kota Denpasar ada di wilayah Sanur.

"Sesuai indikator yang ditetapkan oleh pusat sebenarnya semua sudah kita kerjakan. Pada intinya semoga apa yang menjadi harapan kita semua dapat terwujud," ungkapnya di Denpasar, Selasa (12 Oktober 2021).

Ia menambahkan persiapan untuk protokol kesehatan bagi para wisman juga sudah mengacu pada standar CHSE terutama hotel-hotel untuk karantina. 

"Masyarakat sudah sangat berharap pariwisata dibuka. Hotel di Denpasar sudah 70 persen yang bersertifikat CHSE," imbuhnya.
 
Sementara terkait pembukaan fasilitas publik, Walikota Denpasar menegaskan tempat umum seperti Lapangan Puputan Badung sudah mulai dibuka. Namun pihaknya tetap mengerahkan Satgas Covid-19 Kota Denpasar untuk memantau penerapan protokol kesehatan bagi warga yang berolah raga di tempat umum.

"Kita bersyukur karena bisa melihat anak-anak bisa ke lapangan tapi tetap dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Denpasar kita suruh datang bergilir untuk menyiapkan masker," jelasnya.

Sedangkan bagi warga yang berwisata ke Pantai Sanur, Pemkot Denpasar juga sudah berkoordinasi dengan Bendesa Adat setempat untuk memantau ketaatan warga dalam menerapkan protokol kesehatan sehingga hal ini bisa mencegah terjadinya penularan Covid-19.(gix)


TAGS :

Komentar