Bali Tuan Rumah TB Summit 2021, Sekda Dewa Indra Laporkan Kesembuhan Kasus TBC Capai 90%

  • 20 Oktober 2021
  • 21:10 WITA
  • News
Bali Tuan Rumah TB Summit 2021,

BADUNG, Balitopnews.com - Sekretaris Daerah Provinsi Bali Dewa Made Indra memberikan apresiasi atas kepercayaan Kementerian Kesehatan RI, menjadikan Bali sebagai tuan rumah penyelenggaraan Tuberculosis Summit 2021, yang diselenggarakan mulai dari tanggal 20-23 Oktober di The Stones Hotel-Kuta. 

Sekda Dewa Indra mengatakan terkait kasus TBC di Bali, data September 2021 mencatat kasus TBC aktif di bali sebanyak 1.963  kasus, dan tingkat kesembuhannya mencapai 90%. 

“Hal ini merupakan kerja keras seluruh stakeholder, bahkan sampai kader yang ada di tingkat pedesaan. Saya sangat berterima kasih atas kerja keras yang dilakukan selama ini. Namun, untuk mencapai kasus zero persen dibutuhkan penguatan dan kerja ekstra kembali. Sehingga eliminasi TB tahun 2030 yang dicanangkan Bapak Presiden dapat dicapai," ucapnya.

Dewa Indra berharap Bali dapat memberikan vibrasi positif bagi acara TB Summit ini. Sehingga, pertemuan tersebut dapat menghasilkan rumusan dan keputusan yang diperlukan dalam penanganan kasus-kasus TB yang ada di Indonesia. 

Sementara itu, Wakil Menteri Kesehatan  Dante Saksono Harbuwono mengatakan TBC menjadi masalah yang sudah ada pada abad ke-8. Dalam upaya memutus TBC, Pemerintah Indonesia mencanangkan program upaya eliminasi TB pada tahun 2030. Dalam mewujudkan hal tersebut, Wamen Dante Saksono, menerangkan bahwa diperlukan upaya bersama dari seluruh stakeholder, baik dari Kemenkes, Kemendagri, Pemerintah Daerah sampai para kader yang ada di Desa untuk melakukan hal-hal inovatif dalam upaya penanganan kasus TB. 

"Pada kasus Covid-19 kita belajar untuk melakukan tracing, begitu juga dengan TBC bahwa tracing terhadap kontak erat perlu dilakukan sehingga upaya pengentasan kasus dapat terlaksana secara maksimal. Selain itu, tracing kontak erat juga diperlukan sebagai upaya pelacakan kasus baru TB yang belum terdeteksi," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar