Gandeng Baznas RI, Menkop dan UKM Launching "Kita Jaga Usaha"

  • 22 November 2021
  • 16:11 WITA
  • News
Menkop dan UKM Launching "Kita Jaga Usaha

DENPASAR, Balitopnews.com - Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melaunching program bantuan "Kita Jaga Usaha" pada Senin (22 November 2021) di Kantor Bappeda Provinsi Bali, Denpasar. Program "Kita Jaga Usaha" ini brkerjasama dengan Baznas RI dalam bentuk bantuan modal untuk pelaku UMKM.

 

Menkop dan UKM Teten Masduki mengatakan pelaku UMKM di masa pandemi Covid-19 ini sedang mengalami kesulitan, terutama masalah pembiayaan. Namun di lain sisi ada pelaku UMKM yang naik penjualannya karena sudah terhubung dengan ekosiatem digital. 

 

"Hari ini kita melaunching 'Kita Jaga Usaha' khusus untuk membantu usaha-usaha mikro yang selama ini belum terhubung ke lembaga pembiayaan formal," sebutnya.

 

Kali ini Kemenkop dan UKM bekerjasama dengan Baznas RI yang terus bergulir untuk meringankan pembiayaan dari para pelaku usaha mikro.

 

"Program ini untuk seluruh warga Bali, bukan untuk Muslim saja. Jadi ini bentuk toleransi kepedulian yang sangat besar untuk menjaga kebangsaan kita di tengah pandemi Covid-19. Saya senang model pengembangan Baznas yang pro peduli rakyat. Ini menarik. Kalau biasanya zakat untuk konsumsi, ini zakat untuk modal usaha. Jadi zakat jadi wakaf, luar biasa," jelasnya.

 

Sementara itu Ketua Baznas RI Prof. Dr. KH Noor Achmad mengatakan Baznas RI bergerak untuk menjadi mitra yang ideal untuk peningkatan kekuatan pengusaha kecil yang sebenarnya sudah dibina oleh Kementerian Koperasi dan UKM.

 

"Kita bersama-sama Kementerian Koperasi dan UKM dan kekuatan Baznas akan menjadi kekuatan target yang tak terpisahkan dari usaha kita untuk mengeluarkan masyarakat dari keterpurukan Covid-19," urainya.

 

Ia menambahkan program ini tidak saja dilaunching di Bali, tapi di seluruh Indonesia.

 

"Meskipun kemarin yang kita launching baru 13.700 tetapi akan ditambah terus. Jadi begitu kita mempunyai kemampuan akan ditambah terus untuk bantuan kepada UMKM, terutama yang ada di desa-desa," pungkasnya.(gix)

 


TAGS :

Komentar