Kelurahan Panjer Sinergikan Bank Sampah dengan TPS 3R

Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan, Minggu, (3 April 2022) kembali mengaktifkan Bank Sampah Dharma Laksana di Banjar Kaja Panjer, yang bersinergi dengan TPS 3R.

DENPASAR, Balitopnews.com - Kelurahan Panjer Kecamatan Denpasar Selatan, Minggu, (3 April 2022) kembali mengaktifkan Bank Sampah Dharma Laksana di Banjar Kaja Panjer, yang bersinergi dengan TPS 3R.

Lurah Panjer I Putu Budi Ari Wibawa mengatakan Bank Sampah Dharma Laksana sempat vakum selama 3 tahun akibat adanya  pembangunan di area Banjar Kaja dan pandemi Covid-19.

"Dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Gubernur Bali No. 47 Tahun 2019 tentang Pengelolaan Sampah Berbasis Sumber dan Peraturan Walikota Denpasar No. 45 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kegiatan Reduce, Reuse dan Recycle Melalui Bank Sampah, Kelurahan Panjer mengaktifkan kembali," sebutnya.

Ia menambahkan Bank Sampah Dharma Laksana yang sudah terbentuk sejak Tahun 2016 ini akan bersinergi dengan TPS 3R Paku Sari.

"Pihak pengelola TPS 3R akan membeli  barang-barang yang dijual oleh masyarakat ke bank sampah. Di TPS 3R akan dipilah kembali sesuai jenis sampah setelah itu lanjut dijual ke pengepul," imbuhnya.

 

Bank sampah menurutnya merupakan salah satu bentuk edukasi kepada masyarakat untuk memilah sampah karena dari hasil pemilahan yang dijual tersebut akan ada nilai ekonomis yang diperoleh oleh nasabah bank sampah.

 

"Harapan kami kedepannya Bank Sampah Dharma Laksana bersama dengan TPS 3R Paku Sari Panjer dapat beroperasi secara konsisten sehingga mampu membantu pemerintah dalam upaya mengatasi permasalahan sampah di tingkat desa/kelurahan," pungkasnya.(gix)


TAGS :

Komentar