Tumpek Uduh Dirayakan di KPFP Kebun Percobaan Fakultas Pertanian Unud

Dekan Fakultas Pertanian, Prof.Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM Bersama jajarannya dan pegawai di lingkungan Fakultas Pertanian melaksanakan Upacara Tumpek Uduh di Kebun Percobaan Fakultas Pertanian

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Pertanian melakukan persembahyangan Bersama di KPFP (Kebun Percobaan Fakultas Pertanian) yang beralamat di jalan Pulau Moyo, Denpasar, Sabtu (14 Mei 2022) dihadiri oleh Dekan Fakultas Pertanian, Prof.Dr. Ir. I Nyoman Gede Ustriyana, MM Bersama jajarannya dan pegawai di lingkungan Fakultas Pertanian. Upacara Tumpek Uduh ini dipuput oleh Jero Mangku  dan dilanjutkan dengan melalukan persembahyangan bersama untuk memohon keselamatan dan mendoakan agar tumbuhan hidupnya subur dan bisa menghasilan buah yang banyak.

"Dadong dadong…I Kaki kije? Kaki Gelem, Gelem kenken? Gelem kebus dingin ngetor ngeed,,,ngeed…ngeed. Apang nged mabuah apang ade anggon ngegalung buin selai lemeng”. Begitu ucapan doanya sembari mengucapkan itu, tangan kanannya memberi sedikit luka pada batang pohon dengan sebilah  pisau lalu luka pada goresan tadi diisikan gantungan dan diberikan bubuh atau bubur. Hal ini bertujuan supaya tumbuhan yang ditanam berbuah banyak dan bisa dipergunakan pada saat Hari Raya Galungan  25 hari lagi"

Hari istimewa ini dirayakan setiap enam bulan sekali pada hari Saniscara (Sabtu) Kliwon wuku Wariga tepatnya 25 hari sebelum Hari Raya Galungan.Tumpek Wariga atau Tumpek Uduh merupakan salah satu hari raya bagi umat Hindu di Bali ditujukan sebagai manifestasi Tuhan sebagai Dewa Sangkara penguasa tumbuh-tumbuhan. Tumpek Uduh  merupakan momentum yang sangat baik unutuk manusia begitu pentingnya tanaman dan alam dalam arti yang sangat luas sehingga menjadi harmoni dalam kehidupan ini.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1010-Tumpek-Uduh-Dirayakan-di-KPFP-Kebun-Percobaan-Fakultas-Pertanian-Universitas-Udayana.html(gix)


TAGS :

Komentar