TMMD Solusi Konkrit Bantu Pemda Pecahkan Masalah Infrastruktur di Tabanan

  • 26 Juli 2022
  • 15:07 WITA
  • News
Bupati Tabanan I K G Sanjaya saat membuka secara resmi TMMD ke 144 yang ditandai pemukulan gong  sebanyak 3 kali di halaman parkir Pura  Luhur Muncak Sari

TABANAN, Balitopnews.com - Program 
TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 114 tahun 2022 di Desa Sangketan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan secara resmi dimulai tanggal 26 Juli 2022 hingga 24 Agustus 2022.

 

Program TMMD ke 144 ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya. Hal tersebut diungkapkan Sanjaya saat membuka secara resmi TMMD ke 144 yang ditandai pemukulan gong  sebanyak 3 kali di halaman parkir Pura  Luhur Muncak Sari Desa Sangketan Kecamatan Penebel Kabupaten Tabanan,  Selasa (26 Juli 2022)

Kegiatan Upacara Pembukaan TMMD ke 114 tahun 2022 di wilayah Kodim 1619/Tabanan tersebut  juga dihadiri , Sekda Tabanan Dr. I Gede Susila, S.Sos, M.Si, Danrem 163/Wirastya diwakili Kasiter Kasrem 163/Wirasatya Letkol Inf Hari Sandi,  Aster Kasdam IX/Udayana diwakili Pabandya Komsos Mayor Inf I Wayan Suwitantra , Ketua DPRD Kab. Tabanan I Made Dirga S.Sos, Kapolres Tabanan AKBP Ranefli Dian Candra S.I.K, M.H, Kejari Tabanan, Kepala Pengadilan Negeri Tabanan bersama jajaran Forkopimda Kab. Tabanan, Danrindam IX/Udayana diwakili Kabagum Letkol Inf Rahmat, Dandim Jajaran Korem 163/Wirasatya, Kepala SKPD Kab. Tabanan, Kepala BUMN dan BUMD Kab. Tabanan, Forkopimcam Penebel dan selemadeg, Perbekel Desa Sangketan, Perbekel Desa Wanagiri beserta para bendesa Adat serta undangan lainnya termasuk Adik-adik Pramuka, pelajar serta para tokoh dan Masyarakat.

 

Upacara Pembukaan yang melibatkan peserta upacara yang terdiri dari 1 SSK Satgas TMMD, 1 STT personel TNI, 1 SST Polres Tabanan, 1 SST Satpol PP, 1 SST Dishub, 1 SST BPBD,  1 SST Pecalang, 1 SST Siswa SMA dan 1 SST Satsik Ajendam IX/Udayana tersebut, diawali dengan tarian pembukaan yaitu tarian bungan sandat kemudian untuk acara pokok dilanjutkan laporan Dansatgas TMMD ke 114, penandatanganan serah terima, penyerahan toolkit dan material secara simbolis serta  sambutan dari Bupati Tabanan dan pernyataan pembukaan secara resmi TMMD ke 114 dengan ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 3 kali.

Dalam Sambutannya Bupati Tabanan menyampaikan rasa gembira atas dibukanya TMMD ke 114 di Desa Sangketan dan apresiasi setinggi-tingginya kepada Danrem 163/Wirasatya, TNI Polri dan Jajaran Pemerintah Desa dan Prajuru Adat yang terjun langsung membantu masyarakat dalam membangun fisik dan non fisik dalam program TMMD ke 114 tahun 2022.

“Dengan dibukanya TMMD ini membuktikan bahwa di Kabupaten Tabanan telah terbangun  sinergisitas antara TNI-Polri dan Pemerintah Daerah untuk mempercepat dalam pelaksanaan pembangunan daerah terlebih tema kemanunggalan kali ini adalah “TMMD Dedikasi Terbaik Membangun NKRI”.

“Hal ini mengandung makna bahwa TMMD adalah cermin bahu membahunya seluruh elemen bangsa dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan bentuk persatuan ini akan menjadi pondasi yang kokoh dalam menjaga keutuhan NKRI ditengah berbagai problem yang menghampiri dan saya berharap melalui TMMD ini Soliditas dan sinergitas antara TNI-Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat dapat terjalin erat baik selama pelaksanaan TMMD maupun sesudahnya”, ucapnya.

Ditengah sambutannya Bupati Tabanan juga menambahkan terkait tarian bungan sandat yang menjadi tarian pembuka dalam acara tersebut yang merupakan ikon tarian Kabupaten Tabanan.

“Kabupaten Tabanan merupakan Kabupaten yang memiliki jalan yang terpanjang diprovinsi Bali yaitu sepanjang 893 Km dan program TMMD kali ini adalah untuk membantu masyarakat membangun jalan yang menghubungkan desa sangketan kecamatan penebel dengan desa wanagiri kecamatan selemadeg, Infrastruktur jalan ini sangat strategis karena menghubungkan dua desa di dua kecamatan serta memperlancar akses perekonomian desa khususnya hasil pertanian, dengan dibangunnya jalan ini diharapkan produk pertanian dapat tiba di pasar dalam kondisi baik, untuk itu saya berharap masyarakat desa sangketan dan desa wanagiri senantiasa memberikan dukungan demi kelancaran pelaksanaan program TMMD semua masyarakat harus bersedia bekerjasama dan bergotongroyong demi suksesnya kegiatan fisik dan non fisik yang akan dilaksanakan selama sebulan dari  tanggal 26 Juli sampai dengan 24 Agustus  2022”, lanjut Bupati dalam sambutannya.

Dan Bupati juga berharap “setelah dibangunnya jalan ini masyarakat dapat memeliharanya dengan baik hidupkan lagi budaya tedun, ngayah, gotongroyong ditelajakan masing-masing untuk menjaga saluran airnya, merawat jalannya dan dilandasi semangat swadaya gotongroyong dan jadikan momentum juga TMMD ini sebagai sarana untuk mempererat Kembali rasa kebersamaan dan rasa persatuan “sagilik saguluk salunglung sabayantaka sarpanaya, Kepada pemerintah desa sangketan dan wanagiri diharapkan mendukung secara penuh mudah-mudahan kegiatan ini dapat selesai tepat waktu dan bermanfaat untuk seluruh masyarakat”, kata Bupati.

Kegiatan Upacara Pembukaan TMMD ke 114 tahun 2022 diakhiri dengan persembahan tari - tarian yang di bawakan oleh anak - anak siswa desa sangketan kecamatan penebel dan di lanjutkan dengan meninjau pameran UMKM dan sesi photo bersama. (Md) 


TAGS :

Komentar