Ketua DPRD Tabanan Apresiasi Semangat Warga Adat Sakeh Apel HUT Kemerdekaan

  • 17 Agustus 2022
  • 22:08 WITA
  • News
Apel Hari Kemerdekaan RI ke -77 yang dilakukan warga Banjar Sakeh Desa Sudimara Kecamatan Tabanan

TABANAN,Balitopnews.com – Meski sempat hujan, tidak menyurutkan niat puluhan warga Banjar Sakeh, Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan untuk tetap melakukan upacara bendera  peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 di area balai bajar setempat, Rabu, (17 Agustus 2022)

Para peserta upacara yang digelar sekitar pukul 08.30 Wita mengenakan busana adat bernuansa merah putih.

Ketua DPRD Tabanan I Made Dirga S.Sos sangat mengapresiasi kegiatan warga tersebut. Meski pada lingkup banjar, itu sudah menunjukkan sikap nasionalisme dan menghargai jasa para pejuang kemerdekaan. 

“Saya sangat apresias semangat warga banjar. Apel secara rutin digelar sejak 2017. Sempat terhenti karena pandemi Covid-19,” katanya.

Dirga berpesan, agar kegiatan mengisi hari kemerdekaan bisa tetap dilakukan sehingga hal tersebut menjadi kebiasaan dan diikuti oleh generasi muda terutama dari kalangan milenial. “Sehingga sikap patriot bisa tumbuh sejak dini. Apalagi saat ini media sosial snagat masif. Mutlak diperlukan kesadaran berbangsa dan bernegara,” ujarnya.

Tokoh warga di Banjar Sakeh, Desa Sudimara Ketut Kana, (58) mengatakan acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia digelar selama seminggu. Kegiatan tersebut diisi dengan membersihkan lingkungan dari sampah plastik, lomba seperti tarik tambang serta beberapa lomba lain khas 17-an.

“Yang dilibatkan dalam kegiatan dan lomba mulai anak sekolah, ibu-ibu PKK serta pemuda. Mereka sangat antusias,” katanya.

Untuk apel bendera diikuti sekitar 80 orang warga. Saat itu, tampak anak sekolah dasar serta lansia yang ikut berbaris. “Setelah apel juga diserahkan hadiah pemenang lomba,” ujarnya.

Salah satu pemuda Banjar Sakeh Agus Mahendra (21) mengatakan, dengan adanya lomba dan kegiatan apel memberikan kesan meriah pada Hari kemerdekaan Republik Indonesia. “Selain itu sebagai tempat menyalurkan kreatifitas serta menjalin kebersamaan,” katanya. (Rls/Btnc)


TAGS :

Komentar