Universitas Udayana dan Yale University Selenggarakan Rheumatic Heart Disease Symposium

Universitas Udayana dan Yale University Selenggarakan Rheumatic Heart Disease Symposium

DENPASAR, Balitopnews.com -

Program Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud bersama Yale University menyelenggarakan Rheumatic Heart Disease Symposium serta Penelitian bersama dengan judul “Prevalence of RHD In Bali, Indonesia Research Study”.

Acara simposium dilaksanakan Jumat (16 September 2022) di Ruang Pertemuan Lantai 4, Gedung Pelayanan Jantung Terpadu RSUP Prof. dr. I.G.N.G Ngoerah.

Acara di awali dengan sambutan dari Koordinator Program Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud dr. I Made Putra Swi Antara Sp.JP(K)., FIHA dan di lanjutkan dengan sambutan Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Dr. dr. Komang Januartha Putra Pinatih, M.Kes.

Dalam Sambutannya Dr.Januartha menyampaikan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk mewujudkan salah satu Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian Masyarakat.
Disamping itu kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong peserta didik untuk dapat melaksanakan kegiatan penelitian yang lebih banyak dan berkualitas di masa depan.  Di sisi lain, kegiatan ini sekaligus dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat di daerah terpencil untuk mendapatkan akses pelayanan screening jantung khusus nya RHD sejak dini.

Pada acara ini, turut hadir undangan diantaranya Staf dan Dosen Prodi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud  serta residen jantung dan pembuluh darah FK Unud.

Program Studi Spesialis Jantung dan Pembuluh Darah FK Unud bersama dengan Yale University juga melaksanakan kegiatan penelitian terkait prevalensi RHD di Bali. Kegiatan serupa telah dilaksanakan pada tahun 2017 yang merupakan pilot study. Selanjutnya kegiatan pada tahun ini sebagai kegiatan lanjutan berupa real study yang dilaksanakan secara simultan dan bertahap. Kegiatan dilaksanakan sejak September hingga Oktober 2022.
Kegiatan yang dilaksanakan berupa screening dengan melakukan pemeriksaan echocardiografi pada anak SMP dan SMA yang dipilih secara acak. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kerjasama masa depan yang baik antara FK Unud dan Yale University.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas1806-Universitas-Udayana-dan-Yale-University-Selenggarakan-Rheumatic-Heart-Disease-Symposium.html(gix)


TAGS :

Komentar