Sejumlah Atlet Livoli, Menginap di Home Stay di Desa Wisata Bongan

Atlet Voli asal Jembrana yang mengikuti Kejurnas Livoli 2022, menginap di home stay yang ada di Desa Wisata Bongan

TABANAN, Balitopnews.com - Kejuaraan Nasional Livoli yang berlangsung di GOR Debes Tabanan dari tanggal 25 September hingga 2 Oktober 2022,  berimbas pada sektor pariwisata. 

 

Sejumlah akomodasi wisata seperti home stay mendapatkan azas manfaat dari Kejurnas Livoli yang diikuti 42 tim dari 15 provinsi. 

Sejumlah home stay di Desa Wisata Bongan yang berjarak sekitar 1,5 Km dari GOR Debes menjadi pilihan dari beberapa atlet  Livoli. 

Home stay yang sudah berdiri tahun 2019 ini sepi pengunjung. Apalagi sejak pandemi Covid-19 sempat mati suri. 

Sejak berlangsung event Livoli 25 September 2022,sebanyak dua rombongan club menginap dengan jumlah total 35 orang. Mereka akan menginap selama seminggu. Tentu hal ini disambut baik oleh Desa Wisata Bongan. 

Ketua Desa Wisata I Wayan Suarsa didampingi Bagian Promosi  Desa Wisata Bongan Donny Darmawan mengatakan, di Desa Wisata Bongan ada 8 home stay milik warga setempat. "Dengan adanya event nasional tersebut baru 2 home stay yang dipilih wisatawan atau peserta even Livoli," ujarnya Jumat ( 30 September 2022) 

Kata dia, dua home stay ini masing-masing berisi wisawatan dengan jumlah berbeda. Satu home stay ada yang menyewa untuk 15 orang dan satu home stay lainnya disewa 20 orang. "Club yang menyewa ini ada dari Maluku dan Jembrana," katanya. 

Dengan adanya event ini pun, Suarsa sendiri sangat menyambut baik. Apalagi sejak pandemi home stay di Desa Wisata Bongan sempat mati suri. Meskipun ada yang berkunjung itu hanya bisa dihitung dengan jari dan hanya menyewa semalam. "Kami berharap event nasional seperti ini terus dilaksanakan," tambahnya. 

Disisi lain tegas Suarsa ketika wisatawan yang menginap di Desa Wisata Bongan akan mendapat wisata tambahan. Sebab di Desa Bongan sendiri memiliki tempat penangkaran jalak Bali dan sejarah perjalanan Kebo Iwo ke Tabanan di Pura Puseh Bedha. "Ada paket wisatanya yang sudah kami tawarkan sekaligus sudah kami promosikan," katanya. 

Sementara mengenai dengan biaya sewa di homes stay Desa Bongan itu bervariasi tergantung paket yang dipilih. Yang jelas semalam biayanya Rp 100 ribu. "Kisaran Rp 100 ribu semalam. Kami juga menyediakan breakfast," tandas Suarsa yang juga berprofesi sebagai Manajer Hotel. 

Sementara itu pemilik Home Stay Guru Made, I Gusti Made Ardika mengaku senang home stay nya dipilih sebagai tempat menginap atlet Livoli asal Jembrana. " Mereka tim bola voli putri dari Jembrana, jumlahnya 15 orang, " tandanya. Ia berharap event event olah raga seperti ini lebih kontinyu digelar. Sehingga efeknya bisa juga dirasakan oleh pemilik akomodasi wisata. " Even Kejurnas Livoli ini sangat membantu kami pemilik home stay di Desa wisata Bongan, tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada pemerintah Kabupaten Tabanan dan panitia Livoli, " pungkasnya. (Md) 

 


TAGS :

Komentar