FMIPA Unud Gelar Science and Technology International Conference 2022

FMIPA Unud Gelar Science and Technology International Conference 2022

DENPASAR, Balitopnews.com - Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana (FMIPA Unud) menyelenggarakan Science and Technology International Conference (STIC) 2022 bertema “Bridging Mathematics and Physical Science Through Multidisiplin Research” di Gedung Agrokomplek Kampus Sudirman Denpasar. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari dari tanggal 16-17 November 2022. Konferensi tersebut diselenggarakan bersamaan dengan Kongres Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI) 2022 dan dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU mewakili Rektor Unud.

Ketua panitia Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, M.Sc.,Ph.D menyampaikan, konferensi ini bertujuan untuk mempertemukan ilmuwan akademisi, peneliti, dan sarjana penelitian terkemuka untuk bertukar dan berbagi pengalaman dan hasil penelitian mereka tentang semua aspek Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Kegiatan ini juga menyediakan platform interdisipliner ilmiah bagi para peneliti, praktisi, dan pendidik untuk mempresentasikan dan mendiskusikan inovasi terkini, masalah terkini, tren dan tantangan yang dihadapi dan solusi yang diadopsi di bidang Sains dan Teknologi. “Kami sangat bangga diberi kesempatan berharga untuk menjadi tuan rumah Kongres Konsorsium Biologi Indonesia tahun ini di Universitas Udayana,” ujarnya.

KOBI merupakan organisasi yang berperan aktif dalam pengembangan pendidikan tinggi biologi dalam penguasaan keanekaragaman hayati dan pemanfaatan sumber daya alam hayati secara optimal dan berkelanjutan untuk kesejahteraan umat manusia. Hampir 250 orang dari tujuh negara berpartisipasi dalam konferensi ini, yaitu dari Amerika Serikat, Singapura, Spanyol, Australia, China, Taiwan, dan Indonesia. Ada empat presentasi pleno dan seratus lima puluh lima abstrak penelitian dipresentasikan dalam konferensi ini yang terdiri dari 61 biologi, 25 kimia, 16 teknologi informasi, 14 matematika, 17 farmasi, dan 22 fisika.


Dekan FMIPA, Dra. Ni Luh Watiniasih, M.Sc., Ph.D menyampaikan Konferensi ini dihadiri oleh para ilmuwan dari 6 negara berbeda yang akan mempresentasikan, berbagi dan bertukar pengalaman dan hasil penelitian dalam semua aspek sains dan teknologi. “Saya percaya bahwa konferensi ini akan menjadi sumber ide, konsep dan terobosan inovatif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk masa depan, untuk mendukung dan memenuhi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) untuk mengubah dunia menjadi lebih baik,” tegasnya. 

Dekan juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada tim KOBI yang telah mempercayakan kepada FMIPA Unud untuk menyelenggarakan kongres ini.

Sementara itu Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. I Gede Rai Maya Temaja, MP.,IPU  menyampaikan konferensi ini merupakan uprade dari Konferensi Nasional tahunan yang diadakan oleh Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Udayana. Untuk tahun ini, konferensi digelar dalam rangka memperingati Dies Natalis ke-60 Universitas Udayana. Tujuan utama dari konferensi ini adalah untuk mengumpulkan para ilmuwan dari berbagai disiplin ilmu di lingkungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

Prof. Rai berharap akan terjadi diskusi yang intens dalam kegiatan ini sehingga beberapa ide cemerlang dapat digunakan untuk meningkatkan kualitas hidup manusia, dirumuskan dan kemudian dipublikasikan dalam prosiding atau jurnal bereputasi. Di samping itu Konferensi Internasional ini juga menjadi wadah yang ideal untuk komunikasi dan berbagi ide serta pengalaman dalam disiplin ilmu MIPA di masa depan serta menjadi wadah untuk memajukan FMIPA dalam kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

https://www.unud.ac.id/in/berita-fakultas2177-Fakultas-Matematika-dan-Ilmu-Pengetahuan-Alam-Universitas-Udayana-FMIPA-Unud-menyelenggarakan-Science-and-Technology-International-Conference-STIC-2022.html(gix)


TAGS :

Komentar