DNB Berikan Pembekalan Pada Puluhan Pelaut, Begini Prosesnya

  • 21 November 2022
  • 23:11 WITA
  • News
DNB Berikan Pembekalan Pada Puluhan Pelaut

DENPASAR,Balitopnews.com – Sebagai bentuk perhatian dan pemberdayaan, Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) memberikan pembekalan pada anggotanya. Kegiatan ini bekerja sama dengan Equinox Bahari Utama (EBU). Hadir saat acara, Sekretaris Jenderal KPI Dewa Nyoman Budiasa (DNB) yang ikut memberikan pembekalan pada puluhan pelaut di Bandung, Jawa Barat.

“Ini merupakan agenda tahunan dari KPI Pusat sebagai salah satu program kerja di bidang edukasi,” ujar DNB Minggu, (20 November 2022) 


Ia berharap, kegiatan yang dilangsukan pada 14 hingga 16 Nopember 2022 ini bisa diikuti oleh seluruh pelaut yang ada di Indonesia utamanya yang merupakan anggota KPI. DNB yang merupakan putra asli Tabanan dan sempat bertarung pada Pilkada 2020 di tempat kelahirannya memberikan materi soal Collective Bargaining Agreement (CBA) yang memuat tentang Hak-Kewajiban pelaut saat bekerja. Pelaut amat penting mengetahui hal itu. 

“Pada saat pelatihan seperti ini akan dijelaskan. Ini penting apalagi nantinya KPI juga akan membantu memfasilitasi ketika terjadi persoalan di kemudian hari,” ujarnya.
DNB juga berpesan agar pelaut Indonesia mulai meningkatkan dan menambah pengetahuan tidak hanya di bidang kelautan dan sesuai dengan tugasnya. Tapi mulai peduli soal kesehatan mental dan apa yang akan dikerjakan setelah tidak aktif menjadi pelaut. “Mulai lah memiliki rencana sejak dini sehingga nanti bisa lebih aman dan nyaman saat bekerja,” ujarnya.

Sementara itu, Chief Executive Officer Equinox Shipping Grup Angga Lutfi Eldrianto menyebutkan, materi pelatihan bagi puluhan pelaut meliputi beberapa hal di antaranya keamanan saat bekerja, kesehatan mental dan gaya hidup sehat ketika menjadi pelaut.“Ada sharing atau diskusi dari pihak yang sudah berpengalaman. Ini perlu sekali pembekalan pada para pelaut,” ujarnya.


Ia juga mengucapkan terima kasih pada Kesatuan Pelaut Indonesia (KPI) atas dukungannya sehingga cara tersebut bisa berjalan dengan lancar. “Kami harapkan tetap didukung tidak hanya pada acara ini, tapi pada kesempatan lain sehingga para pelaut Indonesia bisa tetap jaya,” kata Angga. (Rls/Btnc) 


TAGS :

Komentar